Ketahui Apa Saja Jenis Tarif Pajak Motor Anda!

Setiap pemilik kendaraan penting untuk melakukan cek pajak kendaraan bermotor, agar dapat membayar tepat waktu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi laman Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di daerah masing-masing.

 

 

Terdapat beragam jenis tarif pajak kendaraan, pertama adalah pajak tahunan yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Hal tersebut berfungsi untuk mengesahkan STNK yang kalian punya. Bila kalian tidak membayar pajak, maka STNK kalian akan dinyatakan tidak sah.

Kemudian pada tahun ke lima, pembayaran pajak akan disertai dengan pengecekan fisik kendaraan. Karena nantinya akan mendapatkan plat nomor baru. Plat nomor baru juga sebagai bukti bahwa kalian selalu membayar pajak setiap tahunnya, sehingga kalian bisa merasa aman bila Polisi sedang mengadakan razia.

Selain itu, ada juga yang dinamakan pajak progresif. Pajak ini dikenakan untuk kalian yang memiliki labih dari satu kendaraan yang sama, seperti memiliki dua mobil atau dua motor. Jika kalian hanya memiliki satu mobil dan satu motor, kalian tidak dikenakan pajak progresif.

Ketentuan dari pajak progresif ini tergantung dari nama atau alamat pemilik yang tertera di STNK dan BPKB. Misalnya dalam satu rumah ada dua mobil,masing-masing mobil berbeda nama pemilik yang dicantumkan di STNK dan BPKB, hal tersebut tetap dikenakan pajak progresif.

Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk menghindari pajak progresif ini. Apabila kalian ingin membeli kendaraan lebih dari satu, kalian bisa meminjam KTP orang terdekat yang alamat rumahnya berbeda dari kalian. Dengan begitu pajak yang dibayarkan hanyalah pajak tahunan saja.

Lebih lanjut, besarnya pajak progresif ini tergantung dari jumlah kendaraan yang kalian miliki. Jumlah presentasenya akan semakin naik bila semakin banyak kendaraan yang dimiliki. Kenaikan persentase tersebut sekitar 0,5%. Jadi jika pajak tahunan kendaraan pertama yang dibayarkan adalah 2%, maka untuk kendaraan berikutnya 2,5%, dan begitu seterusnya.

 

Keuntungan Membayar Pajak

Banyak orang yang beranggapan bahwa membayar pajak kendaraan hanya untuk membuat kendaraan aman dari razia. Padahal ada beberapa keuntungan lainnya yang didapatkan. Apalagi kalau kalian selalu tepat waktu dan tidak pernah jatuh tempo.

Salah satu keuntungan lainnya adalah mudahnya ketika kalian ingin mengajukan dana pinjaman. Dewasa ini Bank yang mau memberikan pinjaman dengan mengecek pembayaran pajak kalian. Proses peminjaman akan dimudahkan ketika kalian selalu tepat waktu dalam membayar pajak.

Selain itu, kalian juga diuntungkan ketika kalian sedang ingin menggadai sesuatu. Bukti pembayaran pajak ini menjadi pendukung kelancaran proses tersebut.

 

Syarat dan Cara Membayar Pajak

Syarat membayar pajak cukup mudah, kalian hanya harus menyiapkan dokumen dan surat-surat kendaraan. Seperti STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, serta KTP asli beserta fotokopi. Apabila kalian akan membayar pajak pada tahun ke lima, jangan lupa membawa kendaraan tersebut.

Bila kendaraan tersebut masih dalam proses cicilan, kalian bisa meminta surat keterangan dari leasing. Surat keterangan tersebut akan disertai dengan fotokopi BPKB asli dan STNK asli. Karena kalian belum boleh mendapatkan BPKB asli dari leasing sebelum selesai cicilan.

Untuk KTP, adalah KTP yang tercantum di STNK dan BPKB. Bila bukan nama kalian yang ada di surat-surat tersebut, kalian harus membawa KTP asli orang yang namanya ada di STNK dan BPKB.

Selanjutnya bila sudah lengkap semuanya, kalian bisa langsung melakukan proses pembayaran pajak. Bagi kalian yang belum tahu, bayar pajak kendaraan online sudah bisa digunakan. Sayangnya baru beberapa daerah yang sudah memakai aplikasi ini.

Bagi daerah kalian yang sudah bisa memakainya, kalian hanya perlu mengunjungi laman e-Samsat. Setelah itu tinggal mengikuti prosedur yang ada. Bila sudah selesai tahap tersebut biasanya kalian dapat membayarnya via ATM.

Buat kalian yang daerahnya belum bisa membayar secara online, kalian bisa langsung mendatangi Samsat terdekat. Kalian juga jangan khawatir, karena daerah yang sudah bisa online harus datang ke Samsat lagi untuk mengambil STNK tersebut.

 

Sumber gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2Fotorev.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F02%2Fstnk-bpkb-pajak-kendaraan1.jpg&f=1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *