Keunikan Gejala Hamil yang Dialami oleh Para Ibu

( Foto : Blogspot )

Kehamilan merupakan pengalaman yang luar biasa bagi semua Ibu. Ada perjuangan dan ada kebahagiaan di setiap prosesnya. Seperti di trimester pertama masa kehamilan yang membuat seorang ibu merasakaan berbagai gejala yang unik. Oleh karena itu, saat ini bermunculan produk yang dikhususkan untuk mendukung para Ibu menjalani kehamilannya. Seperti contohnya berbagai susu ibu hamil yang menjadi cara mengatasi mual saat hamil – padahal dahulu mengkonsumsi susu sangat berat untuk dilakukan para ibu hamil karena dapat semakin memicu mual, namun sekarang tidak lagi.

 

Gejala kehamilan yang pada umumnya pasti dirasakan oleh para ibu, antara lain ;

 

  1. Rasa mual di pagi hari,

Rasa mual yang timbul pada masa kehamilan trimester pertama diakibatkan oleh perubahan kondisi hormon dalam tubuh. Semenjak sel telur berhasil dibuahi, beberapa jenis hormon mulai terproduksi yang akhirnya menimbulkan rasa-rasa yang tidak seperti biasanya. Salah satunya adalah rasa mual. Jika dituruti para ibu hamil di masa ini akan menghindari mengkonsumsi makanan. Namun rasa itu harus dilawan, karena di trimester pertama adalah masa krusial bagi janin dalam berkembang sehingga membutuhkan banyak nutrisi.

 

Untuk mengurasi rasa mual di trimester pertama kehamilam dapat dicek di https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-begini-7-langkah-atasi-mual-di-trimester-awal-36916

 

  1. Rasa kencang dan sakit di payudara,

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita hamil juga bisa mengakibatkan mengencangnya payudara sehingga terasa sensitif dan sakit. Biasanya kondisi ini akan berkurang saat kehamilan melewati trimester pertama. Payudara menjadi sensitif dan sakit diakibatkan oleh tubuh sedang mempersiapkan payudara untuk menyusui. Saluran susu tumbuh dan merenggang saat proses produksi ASI dimulai.

 

Pada saat seperti ini disarankan ibu hamil mengganti penggunaan bra-nya. Ciri bra yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah yang mampu menyokong dengan baik, tali pada bahu lebar, dan hindari bra underwire.

 

  1. Emosional

Hampir sama seperti saat seorang wanita menjelang periode menstruasi. Dikarenakan perubahan kondisi hormon mengakibatkan emosi dan perasaan yang tidak keruan. Biasanya ibu hamil akan menjadi lebih sensitif, mudah nangis, atau bahkan mudah marah.

 

  1. Kram perut

Biasanya pada saat PMS, wanita bisa mengalami kram perut 24-48 jam sebelum menstruasi datang. Rasa seperti ini juga akan dirasakan di awal kehamilan. Kram perut pada wanita hamil dapat terjadi selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Penyebab dari kram pada perut ibu hamil adalah dikarenakan Rahim yang berkembang menyebabkan  ligmen dan otot yang menyangganya merenggang. Ligamen bundar merupakan otot yang menopang uterus dan ketika otot ini merenggang maka akan menimbulkan rasa nyeri yang tajam, menusuk di perut bagian bawah.

 

  1. Mudah Letih

Pada saat hamil muda, tubuh terasa sangat mudah letih. Rasa letih yang muncul diakibatkan oleh aktifitas di dalam tubuh yang sangat tinggi dalam memproduksi hormone progesterone. Untuk mengatasi gejala hamil ini, wanita hamil harus memakan asupan makanan yang cukup.

( Foto : Blogspot )

Itulah gejala hamil yang pada umumnya dialami oleh para Ibu hamil. Keunikan rasa yang muncul membutuhkan pemakluman dan dukungan dari orang-orang terdekat. Gejala hamil yang cukup berat ini biasanya terjadi di trimester pertama, di trimester kedua sang ibu akan lebih nyaman beraktifitas karena tidak merasakan gejala hamil yang mengganggu. Kecuali tendangan-tendangan kecil dari dalam perut yang selalu menemani saat sang ibu beraktivitas, inilah yang paling dirindukan dari masa kehamilan.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *