Khasiat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit? Banyak Loh!

Ternyata air mawar untuk wajah memiliki khasiat penting yang sudah dikenal bertahun-tahun lamanya. Bukan rahasia lagi jika air mawar digunakan untuk menjadikan kulit sehat dan cantik. Bagaimana cara membuat air mawar? Sebenarnya air mawar berasal dari penyulingan kelopak bunga mawar yang kemudian menghasilkan cairan beraroma harum dan minyak. Air mawar dapat memberikan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit karena di dalamnya terkandung bahan antiseptic, antibakteri, dan anti inflamasi. Alhasil setelah menggunakan air mawar, kulit yang meradang akan mereda, kulit menjadi lebih rileks, dan terhindar dari jerawat.

Khasiat air mawar tersebut didapatkan karena air mawar mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E yang dapat menjadi antioksidan. Kamu bisa memasukkan air mawar sebagai bagian rangkaian perawatan kulitmu lho! Penasaran gimana caranya? Cek disini ya cara penggunaannya https://review.bukalapak.com/beauty/5-cara-menggunakan-air-mawar-dalam-rangkaian-skincare-harian-38839. Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, ada beberapa khasiat air mawar lainnya. Yuk simak di bawah ini!

  1. Menyegarkan Kulit/Berguna Sebagai Toner

Pernah dengar produk toner air mawar viva? Itu adalah contoh produk toner yang menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya. Air mawar memang bisa digunakan sebagai toner yang dapat menyegarkan wajah. Air mawar memang dikenal menjadi astringent alami yang mampu menyegarkan kulit, menyerap kelebihan minyak di wajah, dan memperkecil pori-pori wajah. Biasanya toner digunakan setelah menggunakan milk cleanser. Untuk menggunakan air mawar sebagai toner, kamu hanya perlu menyiapkan air mawar lalu tuangkan sedikit saja pada kapas. Oleskan kapas berisi air mawar tersebut ke wajah, lalu setelahnya tepuk-tepuk wajah agar air mawar lebih menyerap.

  1. Wajah Menjadi Halus, Kenyal, dan Cerah

Ternyata air mawar bisa membuat wajah menjadi lebih halus, kenyal, dan cerah lho! Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa air mawar memiliki kandungan vitamin C, dimana vitamin C tersebut menjadi antioksidan dan perangsang produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang dibutuhkan kulit dan mampu menjadikan kulit lebih halus, kenyal, dan cerah. Bahkan tanpa menggunakan krim tambahan sekalipun, cukup dengan rutin menggunakan air mawar, kamu bisa mendapatkan kulit idamanmu yang halus dan cerah.

  1. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Jerawat memang momok yang menakutkan bagi wanita. Bukan hanya saat jerawat hadir di wajah yang menyebabkan rasa sakit dan kurang nyaman, setelah jerawat hilang pun masih ada bekasnya yang butuh waktu untuk menghilang dari wajah. Percayalah, air mawar bisa menjadi solusi atas permasalahan jerawatmu. Hal ini karena jerawat mengandung antibakteri sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat sserta mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang. Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, kamu perlu menuangkan air mawar ke kapas lalu mengoleskannya pada daerah berjerawat secara rutin minimal sehari dua kali. Tapi lakukan ini setelah wajahmu bersih ya! Setelah nanti jerawatmu hilang, tetap lanjutkan penggunaan air mawar untuk menghilangkan bekas jerawat.

     4. Mencerahkan Kulit

Tidak heran banyak wanita yang tertarik menggunakan air mawar karena air mawar juga mampu mencerahkan wajah secara alami. Hal ini terjadi karena air mawar mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan. Khasiatnya yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit wajah, memperkuat sel-sel kulit, dan meregenerasi jaringan kulit sehingga muncul kulit baru yang lebih bersih dan cerah.

  1. Efek relaksasi

Hasil penyulingan air mawar yang berupa cairan aromatik dan minyak sering dimanfaatkan untuk menjadi aromaterapi. Air mawar memang menghasilkan aroma harum yang menenangkan sehingga cocok menjadi aromaterapi. Untuk sekedar merelaksasi badan, kamu bisa menggunakan air mawar untuk mandi dengan cara memasukkan mawar ke dalam bath tub atau menggunakan air mawar untuk mandi biasa.

  1. Menghilangkan Ketombe

Tahukah kamu jika air mawar memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe? Hal ini bukan isapan jempol belaka, karena air mawar sudah terbukti mampu menghilangkan ketombe dan mengobati radang kulit. Tapi untuk menggunakannya sebagai penghilang ketombe, kamu tidak bisa hanya menggunakan air mawar saja, kamu tetap membutuhkan shampoo. Jadi setiap kali hendak keramas, campurkan air mawar pada shampoo. Atau setelah keramas, gunakan air mawar sebagai kondisioner alami. Bahkan kabar baik bagi mereka yang berambut tipis, air mawar bisa juga digunakan untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *