4 Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

Jogjakarta terkenal sebagai kota budaya dan juga kota pendidikan. Kota ini dipimpin oleh Sultan yang menjadi gubernur dan masih menjaga banyak sekali tradisi dan budaya yang ada di Jogja secara baik. Sehingga tidak heran apabila Anda berada di Jogja akan sangat kental budayanya. Selain daerah wisata yang banyak berada di Jogja dari wisata pantai, wisata malam, wisata pendidikan, ada juga wisata kuliner yang tidak bisa dilewatkan. Karena kota ini juga mempunyai beberapa wisata kuliner Jogja yang wajib untuk dicoba ketika sedang mengunjungi kota ini. Misalnya saja ada beberapa kuliner khas dari Jogja seperti berikut ini:

 4 Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba

Ketika menyebut Jogja, maka pilihan kuliner pertama yang ada adalah gudeg. Makanan ini merupakan ikon kuliner dari Jogjakarta dan sangat mudah ditemukan di berbagai daerah Jogja. Sehingga ketika berkunjung di kota ini bisa untuk mencari dan mencoba gudeg agar dapat untuk mengetahui rasa gudeg asli dari Jogja. Rasa dari gudeg sendiri terkenal dengan rasa manisnya dan berasal dari nangka. Untuk mendapatkan gudeg ini ada banyak pilihan tempat yang bisa dipilih dari berbagai tempat makan di emperan hingga restoran yang menyediakan menu yang satu ini. Seperti misalnya ada di berbagai sentra gudeg Wijilan yang ada di dekat alun-alun kidul. Tempat tersebut menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin mencoba gudeg Jogja.

  • Oseng-oseng mercon

Kuliner Jogja selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah oseng-oseng mercon Bu Narti. Bagi Anda yang suka oseng-oseng dengan rasa yang pedas maka makanan ini menjadi menu yang tepat. Dimana oseng-oseng kikil ini mempunyai rasa pedas dan lezat dengan banyak bumbu yang digunakan. Sehingga tidak heran apabila namanya adalah oseng-oseng mercon karena mempunyai efek yang dapat menimbulkan rasa pedas di mulut seperti ada ledakan ketika menikmatinya. 

  • Sate klatak

Pilihan kuliner selanjutnya yang dapat dinikmati di daerah Jogja adalah sate klatak. Sate sendiri merupakan makanan yang dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia. Tetapi kota Jogja mempunyai sate khasnya yaitu sate klatak. Jenis sate ini asli dari Imogiri yang menggunakan jeruji bukan menggunakan bilah bambu seperti sate pada umumnya. Selain itu rasanya juga gurih karena menggunakan kuah gulai.

  • Mangut lele

Dan kuliner Jogja terakhir yang dapat dipilih ketika berkunjung ke Jogja adalah mangut lele. Mangut lele yang terkenal sendiri adalah mangut lele mbah Marto yang berada di kampung di belakang ISI. Rasa dari makanan ini sangat enak dan terkenal dengan rasanya yang pedas dan juga banyak wisatawan yang biasa ke Jogja akan menyempatkan untuk berkunjung dan menikmati makanan yang satu ini.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *