9 Kuliner Jawa Barat yang Sayang Dilewatkan Saat Berlibur

Jawa barat memang kaya akan keindahan alamnya yang menarik untuk dikunjungi. Namun selain itu, sayang untuk melewatkan berbagai kuliner-kuliner lezat ketika anda sedang berlibur di Jawa Barat. Ada banyak jenis makanan unik nan lezat yang pastinya bisa membuat anda ketagihan. Nah berikut ini beberapa rekomendasi kuliner Jawa Barat yang lezat dan harus anda cicipi saat berlibur di daerah tersebut.

9 Kuliner Jawa Barat yang Sayang Dilewatkan Saat Berlibur

 

  • Lotek

 

Kuliner yang satu ini bentuknya mirip seperti pecel khas Jawa Timur. Di dalam lotek biasanya terdapat sayuran rebus dan disiram dengan bumbu kacang. Namun yang membedakan antara lotek dengan pecel adalah pada pelengkapnya. Lotek biasanya dilengkapi dengan bakwan, telur, ketupat, dan kerupuk. Selain itu bumbu yang digunakan pada lotek adalah bumbu kacang yang menggunakan terasi dan bawang putih. Tingkat kepedasannya pun bisa disesuaikan dengan selera pembeli.

 

  • Batagor

 

Mungkin anda bisa menemukan banyak penjual batagor di daerah anda.  Namun beda rasanya jika anda mencicipinya langsung dari kota asalnya. Bagi yang belum tahu, batagor merupakan kuliner tahu yang berisi bakso dan kemudian dibungkus tepung dan digoreng. Biasanya dilengkapi dengan sambal kacang dan irisan timun.

 

  • Sego Lengko

 

Sego lengko merupakan kuliner khas dari kawasan pantai utara mulai dari Bandung, Indramayu, Cirebon, Tegal Brebes, dan sekitarnya. Di dalam nasi lengko ini terdapat nasi putih, tempe dan tahu goreng, tauge rebus, timun, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang dan kecap manis.

 

  • Karedok

 

Kuliner Jawa Barat lainnya yang bisa anda cicipi adalah karedok. Makanan ini cukup unik karena terbuat dari sayuran yang belum diolah dan disiram bumbu kacang. Karena sayuran tersebut belum di masak tentu saja masih terasa segar.

 

  • Combro

 

Combro atau oncom di jero merupakan kuliner Jawa Barat yang terbuat dari Singkong dan oncom. Singkong yang sudah diparut kemudian dibentuk lonjong dan diisi dengan sambal oncom. Setelah itu barulah digoreng dan disajikan.

 

  • Cireng

 

Cireng sebenarnya merupakan tepung kanji yang digoreng. Jika dulu cireng hanya memiliki satu rasa saja. Kini sudah banyak variasi cireng dari mulai rasa hingga cireng isi.

 

  • Surabi

 

Seiring dengan perkembangan zaman, kini Surabi tak hanya berpenampilan polos saja. Namun sudah memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, coklat, pisang, durian, dan lainnya. Metode memasak yang masih menggunakan tungku dari tanah liat membuat rasa khas Surabi masih tetap terjaga.

 

  • Cimol

 

Makanan berbentuk bulat ini berbahan dasar tepung kanji atau orang-orang menyebutnya sebagai aci digemol. Tekstur cimol terasa kenyal dan gurih. Setelah digoreng biasanya cimol ditambahkan dengan bumbu pedas yang membuatnya semakin lezat.

 

  • Wajit

 

Kuliner Jawa Barat ini berbahan dasar beras ketan yang diolah dengan kelapa dan gula merah. Wajit merupakan oleh-oleh khas Cilincin yang tidak boleh terlupakan. Rasanya yang manis dan teskturnya yang legit akan membuat anda ketagihan.  

Nan itu tadi beberapa kuliner Jawa Barat yang wajib anda cicipi ketika berlibur di sana. Bahkan anda bisa membawa beberapa kuliner tersebut untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *