Beberapa Kuliner Indonesia yang Populer di Dunia

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang paling kaya, mulai dari tempat wisatanya, budayanya, makanannya dan masih banyak lainnya. tidak heran jika setiap hari jumlah wisatawan dari mancanegara semakin banyak yang mengunjungi Indonesia. ternyata mereka bukan hanya tertarik pada tempat wisatanya tetapi juga kuliner Indonesia yang telah mendunia. Makanan khas Indonesia yang terkenal dengan campuran rempah-rempah ternyata sudah banyak diketahui oleh warga negara lain, malahan sudah menjadi makanan favorit para turis dari berbagai belahan dunia.

Mulai dari Sabang sampai dengan Merauke mempunyai berbagai jenis makanan yang bisa dinikmati dengan berbagai rasa khasnya. Hal inilah yang menjadikan Indonesia selalu dapat tampil membanggakan di ajang festival makanan dunia. beberapa kali acara tersebut digelar dan makanan Indonesia laris dijual seperti halnya sate, nasi goreng, tempe atau lainnya. ciri khas bumbu rempah yang ada di Indonesia dan sulit ditemukan di negara lainnya membuat para turis tidak menjadikan Indonesia sebagai tujuan paling favorit. Berikut ini beberapa kuliner dari Indonesia yang sudah terkenal di dunia, antara lain:

  • Sop buntut.

Prosesnya yang panjang dalam pengolahan membuat masakan satu ini mempunyai rasa yang tidak bisa lagi diragukan. Masakan satu ini terbuat dari potongan ekor sapi yang diberi bumbu rempah-rempah pilihan dan dibakar. Dan terakhir dimasukkan dalam kuah kaldu, penyajian makanan ini biasanya dilengkapi dengan wortel, kentang, tomat, seledri dan juga bawang goreng. Yang membanggakan masakan kuliner Indonesia ini sudah pernah masuk dalam sajian kedutaan besar Indonesia yang berada di Spanyol.

  • Gudeg.

Tidak disangka masakan yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta ini sudah masuk internasional dan diperjualbelikan di negara Australia. Campuran dari buah nangka muda, gula palem serta santan ini menghasilkan hidangan masakan yang sangat nikmat. Baik para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jogja mesti tidak lupa untuk mencicipi masakan satu ini.

  • Gado-gado.

Bangga menjadi salah satu warga negara Indonesia yang mempunyai banyak jenis makanan tradisional yang terkenal sampai dunia. siapa yang menyangka gado-gado mampu menyabet juara pertama pada ajang bergengsi tingkat internasional yang diadakan di Italia pada tahun 2010 silam. Banyak yang menyebutkan ini merupakan salad dari Indonesia, berbagai macam sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang membuat masakan satu ini selalu menjadikan turis ingin kembali ke Indonesia.

  • Sate.

Makanan yang menjadi kuliner andalan masyarakat Indonesia selanjutnya yaitu sate, banyak wisatawan mancanegara yang pergi ke Indonesia hanya ingin berburu sate. Kelezatan bumbu yang ada pada siraman daging ayam membuat lezat dan selalu menarik untuk disantap. Siapa yang menyangka kalau makanan kuliner Indonesia satu ini sudah ada di negara Amerika. Salah satu restoran Indonesia yang ada negara sana menjadikan sate sebagai menu yang paling digemari dan banyak dicari masyarakat.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *