Berbagai Kerupuk Enak Kuliner Jawa Barat yang wajib Anda Coba

Ketika mengunjungi ke daerah yang asing baik untuk jalan-jalan, berwisata, atau untuk urusan pekerjaan. Tentu saja tidak hanya untuk bekerja atau bersantai tetapi juga bisa untuk mencoba berbagai kuliner dari tempat tersebut. Karena setiap wilayah atau negara mempunyai makanan khas sendiri sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi menu makanan ketika liburan dan juga untuk menjadi oleh-oleh. Salah satu kuliner yang terkenal dari Indonesia adalah dari Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali pilihan kuliner dari daerah ini. Seperti misalnya ada juga kuliner Jawa Barat yang terkenal adalah kerupuk. Ada makanan dari kerupuk seperti seblak tetapi ada juga beberapa kerupuk yang wajib dicoba dan bisa menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat seperti jenis kerupuk berikut ini:

Berbagai Kerupuk Enak Kuliner Jawa Barat yang wajib Anda Coba 

  • Gapit

Pilihan pertama kerupuk khas dari Jawa Barat adalah gapit yang merupakan kuliner khas dari Cirebon. Makanan ini dinamakan gapit karena mempunyai proses memasaknya dan juga membuat adonan dengan cara di gapit dengan lempengan besi hingga menjadi pipih. Lempengan besi tersebut yang dapat untuk membuat tekstur yang khas pada makanan ini. Kerupuk in mempunyai banyak pilihan rasa yang ditawarkan yaitu ada rasa bawang, rasa kencur, rasa original, rasa wijen, dan juga ada rasa keju. Untuk harganya kerupuk ini juga sangat terjangkau sekitar 10 ribuan saja. 

  • Kerupuk rambak

Dan pilihan kuliner Jawa Barat lainnya yang bisa menjadi oleh-oleh adalah kerupuk rambak. Kerupuk rambak ini berasal dari kulit sapi, ikan, ataupun kerbau sehingga mempunyai rasa yang renyah. Kulit dari sapi, kerbau, atau ikan yang menjadi bahan baku kerupuk ini bisa untuk dikeringkan, dipotong-potong, dan juga diberikan bumbu sesuai selera. Sehingga akan mendapatkan rasa yang diinginkan dan mempunyai manfaat karena mempunyai gizi yang tinggi. 

  • Kerupuk kecimpring

Pilihan krupuk khas Jawa Barat selanjutnya adalah kecimpring yang dikenal juga sebagai opak. Kerupuk ini tentunya sudah sangat terkenal dan biasa menjadi cemilan sehari-hari. Kerupuk ini berasa dari singkong yang mempunyai tampilan bundar yang tipis dan juga renyah. Untuk pilihan rasanya, kerupuk ini menawarkan variasi rasa dari rasa manis, rasa gurih, dan juga rasa pedas. 

  • Kerupuk mlarat

Dan kuliner Jawa Barat yang dapat menjadi oleh-oleh yang terakhir dari jenis kerupuk adalah kerupuk mlarat. Kerupuk ini merupakan makanan khas dari daerah Cirebon dan mempunyai sejarah yang panjang. Dimana kerupuk ini sudah ada semenjak 1920an yang awalnya mempunyai nama kerupuk mares. Kerupuk ini mempunyai khas dengan banyaknya warna yang ada dalam satu kemasan sehingga mempunyai tampilan yang warna-warni. Selain itu kekhasan dari pilihan kerupuk ini adalah karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng tetapi menggunakan pasir atau di sangrai sehingga rasanya akan lebih gurih.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *