Berita Terkini tentang Wisata Kuliner di Yogyakarta

Yogyakarta tak hanya terkenal sebagai tujuan wisata yang kaya akan beragam tempat wisata yang menarik, akan tetapi Yogyakarta juga dikenal sebagai tempat yang kaya dengan kulinernya. Dan berikut ini adalah berita terkini tentang destinasi wisata di Yogyakarta.

  1. Gudheg Yu Djum

Gudheg merupakan makanan khas yang berasal dari Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari bahan nangka muda yang dimasak sedemikian rupa. Apabila ingin makan gudheg, bisa datang ke sentra gudheg di daerah Wijilan, yang mana sepanjang jalan Wijilan ini adalah warung makan Gudheg. Apabila datang ke Wijilan-Yogyakarta, maka harus pula datang ke Gudheg Yu Djum yang legendaris. Warung ini merupakan warung gudheg pertama di daerah Wijilan sehingga bisa dikatakan sebagai pelopor warung gudheg di Yogyakarta. Berita terkini mengenai Gudheg Yu Djum ini dimana beberapa waktu lalu pemiliknya meninggal dunia dan membuat banyak orang kehilangan, berita wafatnya pemilik Gudheg Yu Djum ini bahkan menjadi trending topic di twitter.

  1. Angkringan Lik Man

Datang ke Yogyakarta juga tak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba makan di angkringan, tempat kuliner yang murah-meriah. Angkringan memang bisa ditemukan dengan mudah di Yogyakarta, namun ada satu angkringan yang sangat legenderis di Yogyakarta adalah Angkringan Lik Man.

Angkringan Lik Man ini adalah akringan pertama yang ada di Yogyakarta karena sudah ada sejak tahun 1969. Menu yang disajikan di Angkringan Lik Man ini sebenarnya sama dengan angkringan lainnya, seperti nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, serta beragam gorengan, dan ada pula satu sajian yang tentunya berbeda dan istimewa, yaitu Kopi Joss.

Baca Juga: BERITA TERKINI PAKET WISATA KE PULAU MANDEH

Kopi joss ini sangatlah unik, karena penyajiannya menggunakan arang yang masih merah membara. Nama ‘joss’ sendiri berasal dari suara yang timbul ketika arang panas dimasukkan ke dalam kopi. Untuk menikmati wisata kuliner di Angkringan Lik Man ini tidaklah mahal, cukup dengan Rp 10.000,- Rp 15.000,- sudah bisa menikmati kopi joss bersama nasi kucing dan lauk sederhana.

  1. Sate Klathak Pak Pong

Menu sate tentunya ada di berbagai tempat di Indonesia, akan tetapi untuk sate klathak hanya ada di Yogyakarta. Sate Klathak Pak Pong ini memang istimewa, karena cara membakar sate ini berbeda. Jika biasanya sate ditusuk menggunakan tusuk bambu, maka di sate klathak Pak Pong ini, satenya dibakar dengan ditusuk menggunakan besi jeruji sepeda sehingga panasnya pun lebih merata..

Itulah berita terkini mengenai destinasi wisata kuliner di Yogyakarta. Setiap tempat makan ini memiliki kekhasan dan cita rasanya tersendiri yang tentunya akan membuat pengunjungnya tak hanya kenyang namun juga akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *