Citra Rasa Bika Ambon Khas Medan

 

Mendengar nama Bika Ambon, banyak orang yang mengira jika makanan ini berasal dari ibu kota salah satu provinsi Maluku, Ambon. Lalu apa jadinya jika fakta berkata lain, Bika lembut ini ternyata berasal dari Kota Medan. Tak lengkap rasanya jika tidak mencoba citra rasa Bika ini ketika berkunjung ke medan.

Sebenarnya panganan ini dilhami dari makanan khas melayu yaitu Bika atau Bingka. Namun di Medan Bika dibuat dengan berbeda dengan menambahkan air nira atau tuak enau. Inilah bahan yang membuat Bika khas kota Medan ini menjadi sangat khas. Aroma dan serat sempurna pada Bika selalu menarik untuk dicicpi.

Untuk rasa sendiri, Bika asal kota Medan ini sudah sangat bervariasi. Dulu Bika ini Cuma dibuat bewarna hijau dengan rasa pandan, untuk zaman now Bika sudah dibuat varian rasa modern. Ada rasa coklat, vanila, moka, hingga rasa raja buah, Durian. Untuk Bika Ambon yang berpadu cantik dengan aroma keju yang selalu bikin pengunjung merasa lapar. Dibeberapa tokoh jajanan khas daerah seperti Bika, terdapat varian rasa dengan harga yang berbeda.

Bika dari Medan sendiri memiliki dua ukuran, untuk yang ukuran besar di banderol seharga 40-60 ribu. Untuk ukuran kecil dibanderol seharga 20-30 ribu saja. Bika memang meiliki rasa yang sangat enak dan khas, apalagi serat-serat yang menyerupai pori dikulit manusia. Memiliki bentuk yang cantik dan dengan rasa unik khas kota Medan.

baca juga: MENGULAS TENTANG BISNIS MAKANAN JADUL YANG KINI KEMBALI HITS

Kue basah dari kota Medan ini biasanya juga bewarna kuning dengan rongga-rongga pada bagian dalamnya. Bika Ambon sudah sejak lama menjadi ikon kuliner kebanggaan kota ini. banyak wisatawan yang mewajibkan untuk membeli Bika sebagai oleh-oleh. Tidak sampai disitu membeli Bika adalah pelengkap ketika berkeliling di ibu kota Sumatera Utara.

Normalnya bahan untuk membuat Bika sangatlah sederhana, berupa tepung, telur, nira, gula, dan juga santan. Untuk rasa sendiri, kue Bika yang lembut memberikan rasa legit dan berpadu dengan teksturnya yang kenyal. Aroma Bika juga sangat kuat dan memang ini bertujuan menimbulkan selera seseorang untuk mencoba rasa Bika khas kota Medan.

Di Medan, untuk menemukan kawasan pusat penjualan jajanan ini bisa ditemui di sepanjang jalan Majapahit. Disana para pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam Bika Ambon. Keuntungan dari Bika ini, sekalipun tanpa pengawet namun tetap bisa tahan 3-5 hari. Cocok banget untuk yang dari luar kota Medan. Berkunjung ke ibukota Sumatera Utara, tidak ada salahnya menikmati kuliner khas yang sudah terkenal ini. Anda menikmati Bika ini dan semua orang bertanya kenapa tidak dari Ambon? Nikmati Bika lembut ini dan bagikan ceritanya.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *