Daftar Makanan Tradisional Khas Jogja yang Nikmat Sebagai Camilan

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. selain menyajikan beragam destinasi wisatanya yang menarik dan masih kental dengan budaya Jawa, ternyata Jogaj memiliki makanan tradisional yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang pernah berkunjung ke Jogja. Selain gudeg, Jogja memiliki kuliner tradisional yang biasanya juga sering disantap sebagai camilan maupun oleh-oleh. Nah, berikut ini akan dijelaskan daftar kuliner tradisional khas Jogja yang perlu anda ketahui.

Daftar Makanan Tradisional Khas Jogja yang Nikmat Sebagai Camilan

  1. Kipo
    Makanan tradisional khas Jogja yang satu ini merupakan jenis camilan yang enak disantap ketika masih hangat. Kipo biasanya dibuat dari bahan dasar tepung beras lalu ditambahkan dengan gula jawa sebagai isiannya. Tetapi jika ingin memberikan citarasa yang berbeda, ada pula yang menambahkan daun suji serta daun pandan agar rasanya semakin nikmat. Kemudia Kipo sidajikan di atas daun pisang sehingga semakin khas.
  2. Bakpia
    Rasanya ke Jogja tanpa membeli bakpia terasa kurang lengkap. Bakpia merupakan makanan tradisional Jogja yang dikenal sebagai ikon oleh-oleh Jogja. Bahkan di Jogja terdapat kampung yang khusus memproduksi bakpia dan diberi nama Kampung Pathuk. Jika dulu bakpia Jogja dibuat dengan isian kacang hijau, kini bakpai tersebut dibuat dengan rasa yang semakin bervariasi mulai dari rasa cokelat, durian, keju dan berbagai varian rasa lainnya.
  3. Geplak
    Makanan tradisional yang satu ini tampak begitu menarik dan rasanya yang manis membuat geplak menjadi oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan yang datang ke Jogja. sebetulnya makanan ini dibuat dari bahan dasar kelapa yang diparut kasar lalu ditambahkan dengan gula Jawa. Anda juga tak sulit menemukan geplak di Jogja karena hampir semua toko oleh-oleh menyediakan geplak khas Jogja.
  4. Yangko
    Makanan yang satu ini dibuat dari bahan tepung ketan dan memiliki citarasa gurih dan enak. Biasanya yangko disajikan dalam bentuk potongan kecil dan berwarna-warni. Bagi anda yang belum pernah mencicipi yangko, perlu mengetahui bahwa rasa yangko ini hampir mirip dengan moci dari Jepang.
  5. Cenil
    Makanan yang satu ini masih bisa anda temukan di wilayah Jogja terutama di pasar tradisional. Makanan yang unik ini dibuat dari bahan singkong atau ketela yang diambil sari patinya. Dalam penyajiannya, cenil yang berbentuk bulat-bulat dan berwarna-warni akan ditaburi dengan parutan kelapa serta disiram dengan gula Jawa yang telah dicairkan.
  6. Jadah
    Makanan yang satu ini sejak dahulu hingga kini masih banyak diminati oleh masyarakat Jogja dan wisatawan yang datang ke Jogja. Makanan yang dibuat dari bahan ketan yang ditambahkan dengan garam dan parutan kelapa ini memiliki citarasa gurih yang khas. Biasanya jadah ini disajikan dengan tempe bacem sebagai pendampingnya.

Itulah penjelasan mengenai daftar makanan tradisional khas Jogja yang nikmat sebagai camilan. Bagi anda yang berencana ingin berkunjung ke Jogja jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka makanan tersebut yang pastinya akan membuat ketagihan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *