Jenis Minuman Sehat dan Segar untuk Berbuka Puasa Khas Negara Timur Tengah

Saat momen Ramadhan di berbagai belahan dunia, banyak di antara negara-negara yang menyambut kehadiran bulan suci ini bertepatan dengan musim panas. Saat musim panas seperti ini, menjalankan ibadah puasa tentunya merupakan sebuah perjuangan yang berat. Tubuh umumnya rentan kehilangan cairan dan bisa mengalami dehidrasi selama berpuasa. Karena itulah, bagi kaum muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa perlu untuk minum lebih banyak terutama saat waktu berbuka tiba untuk dapat menghindari dan mengantisipasi dehidrasi pada tubuh. Dan biasanya saat berbuka, berbagai jenis minuman sehat dan segar akan disajikan untuk penghilang dahaga setelah seharian berpuasa.

Di sejumlah negara yang beriklim panas seperti Timur Tengah, terdapat berbagai jenis minuman khas untuk berbuka puasa yang dihidangkan untuk menyegarkan kembali tubuh setelah berpuasa dan bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Dan yang unik adalah, beagam minuman sehat dan segar ini hanya tersedia saat momen bulan Ramadhan saja. Selain air asam yang sudah dikenal sebagai minuman tradisional khas negara Timur Tengah yang sudah mendunia, minuman-minuman ini juga kerap hadir di momen berbuka puasa. Apa sajakah jenis minuman khas negara Timur Tengah untuk menu minuman berbuka puasa ini? Berikut ini ulasannya untuk Anda:

  • Amar al Din

Jenis minuman dingin ini merupakan yang paling populer di negara Timur Tengah dan biasa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Minuman ini mengandung gula cukup banyak yang diniatkan untuk menggantikan energi yang terkuras selama menjalankan puasa. Minuman ini terbuat dari air buah aprikot kering atau dari sirup buah aprikot yang diracik dari buah asli yang dicampur dengan air. Minuman ini mengandung banyak serat yang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu kandungan vitamin, mineral serta nutrisi lainnya sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

  • Jallab

Jallab adalah jenis minuman berbuka puasa yang sangat populer di seluruh wilayah negara Timur Tengah terutama di Lebanon, Suriah dan Palestina. Minuman yang harum dan segar ini terbuat dari campuran buah kurma segar, molase anggur dan air mawar yang disajikan menggunakan tambahan es batu yang banyak serta di bagian atas minumannya ditaburi dengan kacang pinus dan sultana atau kismis.

  • Karkadeh

Karkadeh adalah merupakan jenis minuman bercitarasa manis yang bahan dasarnya terbuat dari bunga raya atau kembang sepatu. Minuman ini umumnya disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin dengan warna yang sangat pekat. Meskipun warnanya pekat, namun rasa minuman ini sangatlah ringan dan segar. Saat berbuka puasa, umumnya minuman ini disajikan dalam keadaan dingin. Karkadeh adalah merupakan jenis minuman khas bulan Ramadhan, namun juga kerap disajikan pada acara-acara lain yang bersifat resmi dan perayaan seperti acara pernikahan dan sejenisnya.

  • Khoshaf

Khoshaf adalah minuman sehat dan segar khas Timur Tengah yang disajikan Selama bulan Ramadhan. Menyajikan khoshaf sudah menjadi tradisi di negara Arab, yaitu dimana saat berbuka puasa akan disajikan hidangan berupa minuman dingin yang berisi berbagai macam campuran buah kering dan citarasanya manis. Minuman ini bentuknya menyerupai salad buah, dan isinya terbuat dari aprikot kering, kurma, kismis, sultana, buah ara dan plum. Semua buah kering ini direndam dalam air gula selama semalaman hingga meresap dan cairan airnya membentuk saus kental yang lezat yang memberi citarasa manis pada salad buah ini. Khoshaf umumnya disajikan dalam mangkuk dengan porsi kecil-kecil sebagai menu berbuka puasa.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *