Kuliner Indonesia Terpopuler di Dunia yang Harus Anda Cicipi

Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau, dengan beragam kebudayaan dan tradisi. Tidak hanya keberagaman budaya dan tradisi bahkan keberagaman bahasa pun turut mewarnai negara kesatuan tercinta ini. Cara hidup masyarakat Indonesia yang berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya ini, hal inilah yang kemudian mempengaruhi keberagaman jenis kuliner yang ada di Indonesia. Keberagaman kuliner yang ada di Indonesia ini, tidak hanya mampu memberikan berbagai alternatif pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat saling bertukar resep ataupun selera yang mereka miliki. Bahkan kuliner tersebut mampu menarik wisatawan Internasional untuk mendatangi suatu daerah, hanya untuk mencoba kuliner tersebut. Lalu kuliner Indonesia apa sajakah, yang dapat menarik perhatian peminat kuliner Internasional?

  • Gudeg, merupakan olahan kuliner yang berasal dari buah nangka muda, yang diolah dengan menggunakan gula aren dan berbagai bumbu dapur lainnya. Rasa utama yang ditawarkan oleh jenis masakan khas Jawa ini adalah rasa manis dan gurih, dimana dalam penyajiannya, biasanya akan disertakan jenis masakan lain seperti sambal goreng dan telur rebus. Masakan ini biasanya banyak diburu oleh wisatawan mancanegara yang sedang mengadakan kunjungan wisata didaerah Istimewa Jogjakarta, karena merupakan makanan khas daerah tersebut.
  • Soto yang merupakan kuliner Indonesia asli ini, merupakan makanan Nusantara, yang juga banyak diburu oleh wisatawan asing yang berada di Indonesia. Makanan yang memiliki ciri khas berkuah rempah-rempah ini, pada umumnya akan disajikan secara berbeda, dari satu daerah di Indonesia dengan daerah lainnya. Sebagai misal soto Kudus, akan memiliki cara penyajian dan bumbu yang berbeda dari soto Semarang ataupun soto Betawi. Namun yang menjadikan makanan ini menjadi sama satu dengan yang lainnya adalah adanya kuah yang melimpah yang disajikan bersama dengan nasi putih didalamnya.
  • Nasi Goreng, merupakan olahan masakan khas Indonesia yang juga banyak dijadikan referensi oleh masyarakat negara lain sebagai salah satu menu masakan praktis, cepat, namun tetap menyehatkan. Menu makanan yang memiliki bahan dasar nasi yang diolah dengan menggunakan perpaduan sambal ini, biasanya akan disajikan dengan menggunakan bahan penambahan lainnya, seperti telur dan sayur.

Selain jenis kuliner diatas, masih terdapat banyak lagi kuliner Indonesia yang merupakan makanan tradisional dari berbagai daerah yang juga menjadi bahan perburuan bagi turis asing yang sedang berkunjung di Indonesia. Tidak hanya menjadi bahan perburuan bahkan resep untuk mengolah makanan tersebut pun rela mereka pelajari, agar nantinya dapat membuatnya secara mandiri. Kuliner khas Indonesia ini sudah selayaknya kita pertahankan dan terus kita inovasi, agar nantinya dapat menjadi sesuatu yang dapat mengangkat nama negara kita tercinta, dan tidak punah dengan makanan cepat saji, yang justru dapat memberikan dampak bagi kesehatan orang yang menikmatinya.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *