Kuliner Medan yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Kesana

Medan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. DI kota yang berada di Sumatra Utara ini, bisa dilihat beragam tempat yang menyajikan kuliner Medan dengan harga yang terjangkau. Jika mendengar nama Medan, biasanya selalu dikaitkan dengan bika ambon dan durian mengingat di kota ini Anda bisa menikmati durian dengan rasa yang enak dan harga yang murah. Akan tetapi, jika Anda berkunjung ke Medan, 4 makanan berikut wajib untk Anda coba.

Pertama adalah daun ubi tumbuk. Makanan khas dari Mandailing ini diolah dengan cara menumbuh daun ubi bersamaan dengan buah cempoka atau rimbang dan kincong yang kini sudah jarang ditemukan. Bahan-bahan tersebut nantinya dimasak dengan ditambahkan dengan santan. Walaupun ada beberapa bahan yang sudah jarang untuk ditemukan namun, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang menyajikan daun ubi tumbuk ini sebagai lauk tambahan secara gratis.

Baca Juga: SALAH SATU KULINER INDONESIA YANG MEMBUAT BANYAK TURIS TERGIUR UNTUK MENCOBANYA KEMBALI

Kedua adalah arsik ikan mas. Biasanya ikan akan dimasak dengan cara digoreng, dibakar ataupun dikukus yang dicampur atau diberi berbagai macam bumbu agar rasanya menjadi enak. Di Medan tepatnya di Batak Toba, Anda akan menemukan kuliner Medan yang disebut dengan Arsik ikan mas. Makanan ini mudah ditemukan di rumah makan Batak. Kuliner khas Medan ini merupakan olahan dari ikan mas yang dicampurkan dengan menggunakan andaliman dan juga asam glugur sehingga makanan tersebut memiliki rasa yang asam dan getir di lidah.

Ketiga adalah nasi kentut. Jika di Jawa terdapat nasi rames, di Medan terdapat kuliner yang disebut dengan nasi kentut. Terdengar aneh namun makanan ini adalah makanan khas dari Medan. Makanan ini menggunakan daun untuk piringnya atau alas atau pembungkusnya yang disebut dengan daun kentut, atau dikenal juga dengan nama daun sembukan, sehingga kuliner ini disebut dengan nasi kentut. Nasi kentut memiliki rasa gurih yang disebabkan karena rempah yang dipergunakan dan saat penyajiannya, ketika nasi masih dalam keadaan hangat, dilengkapi dengan lauk pauk tempe, ayam goreng, ikan, sambal, lalapan, aneka sayur.

Keempat adalah es krim tip top. Es krim tip top adalah kuliner Medan yang wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke Medan. Kuliner dari restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1934 ini memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan es krim pada umumnya. Di tempat yang menggunakan penataan interior khas nuansa klasik Eropa ini, Anda bisa memesan es krim tip top. Hal yang membedakan es krim ini tidak hanya dari rasa namun juga pembuatannya. Rasa es krim ini khas dengan aroma yang khas pula karena proses pembuatannya mempergunakan mesin khusus yang sudah ada dan sudah digunakan sejak jaman Belanda.

Jadi, mau coba yang manakah saat ke Medan?

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *