Mengenal Kuliner Medan dengan Rasa Nendang dan Tersohor

Keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia memang tidak bisa dibantah lagi. Dengan segala keberagamannya, tak heran jika hal ini pun mempengaruhi dengan makanan di masing-masing daerahnya. Belum lagi tiap daerah punya hasil alam dan laut yang bervariasi juga. Jika Anda berencana bepergian, maka Anda bisa memilih Medan sebagai destinasi selanjutnya. Tak hanya punya banyak tempat wisata, kuliner Medan juga wajib selalu Anda coba.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Medan, maka berikut ini beberapa makanan khas dari Medan yang wajib untuk Anda cicipi:

  • Bika Ambon

Mungkin dari namanya banyak yang mengira jika bika Ambon adalah makanan dari Ambon, Maluku. Padahal bika Ambon ini asalnya adalah dari Medan. Bika Ambon ini adalah kue yang warnanya kuning dengan permukaan seperti berserat dan berlubang-lubang. Kenikmatan bika Ambon ini akan kian terasa ketika masih hangat dan langsung disantap. Teksturnya empuk dengan rasa manis dan ada rasa khas lain yang akan terasa di lidah.

  • Durian Medan

Jika membicarakan tentang rajanya buah, maka pasti semua orang langsung tertuju pada durian. Meski banyak juga yang kurang suka dengan bau durian yang begitu kuat, namun rasa durian memang tidak ada tandingannya. Durian Medan dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding durian umumnya karena memang daging buahnya tebal, bijinya lebih kecil dan rasa manis pahitnya yang begitu nikmat.

  • Lontong Medan

Salah satu makanan yang akan mudah sekali ditemui di Medan adalah lontong Medan. Jika dilihat lagi, kuliner Medan yang satu ini amat mirip dengan lontong Minang. Tetapi ketika Anda mencobanya, maka perbedaan rasa pun akan sangat terasa. Lontong Medan terdiri dari lontong yang ditambah dengan santan, sambal, mi, tauco, bumbu kacang dan lain sebagainya sehingga rasanya terasa nikmat.

Simak juga tentang beberapa kuliner khas indoneisa. Baca selengkapnya di bumburesep.org

  • Soto Medan

Tiap daerah selalu punya menu soto yang khas, mulai dari soto betawi, soto Kudus, dan masih banyak lagi. Medan juga punya menu soto yang spesial dimana menggunakan kuah santan kental dengan warna kuningnya, Rempah yang menjadikan soto ini melegenda adalah jintan. Anda bisa memilih soto ayam atau soto sapi sesuai selera.

  • Mi gomak

Medan juga punya menu mi yang khas yaitu mi gomak dimana teksturnya amat lembut dan kenyal. Banyak rempah yang digunakan untuk memasak menu mi yang satu ini. Rasanya sedikit asin dan gurih sehingga membuat ketagihan.

Itulah beberapa kuliner Medan yang istimewa dan wajib untuk Anda coba ketika berkunjung ke Medan. Namun kini sudah cukup banyak juga restoran khas Medan yang tersebar di kota lain di Indonesia sehingga Anda bisa mencobanya juga.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *