Salah Satu Kuliner Indonesia yang Membuat Banyak Turis Tergiur untuk Mencobanya Kembali

Sebagai masyarakat Indonesia tentunya sudah paham bahwa negara ini mempunyai kekayaan yang berbeda dari negara lainnya. Salah satu kekayaan yang dapat menjadi daya tarik orang luar yaitu banyaknya kuliner Indonesia yang selalu buat nagih orang yang mencicipinya. Bahkan para turis luar negeri yang liburan ke negara Indonesia bukan karena tempat wisatanya saja tetapi mereka juga penasaran ingin merasakan berbagai jenis wisata makanan yang ada di negara ini. Dari mulai tempe, nasi goreng, sate sampai dengan gado-gado sekalipun sudah terkenal sampai luar negeri.

Mungkin banyak yang belum mengerti bahwa beberapa masakan Indonesia telah sering mengikuti beberapa festival makanan tingkat internasional di beberapa negara. Makanya tidak heran jika berbagai jenis olahan masakan khas Indonesia terkenal sampai luar negeri. Dan yang membanggakan lagi ternyata beberapa kali memenangkan perlombaan tersebut dalam berbagai kategori. Salah satunya yaitu gado-gado yang mengantongi juara satu atas kategori makanan yang mempunyai sajian estetika di Napoli, Italia pada tahun 2010. Dan masih banyak lagi kejuaraan yang dimenangkan negara Indonesia dalam beberapa acara perlombaan tingkat internasional.

Berikut ini resep sederhana dalam pengolahan gado-gado, pertama harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa bahan sayuran seperti kentang, mentimun, wortel, mie kering, kubis, tomat, tahu goreng, tempe goreng sebagai isi. Setelah itu siapkan bumbu lainnya seperti cabai, gula jawa, garam, bawang putih, dan sedikit daun salam sebagai bumbu kacang pelengkap sayur. Kemudian langkah-langkah membuat masakan kuliner Indonesia ini sebagai berikut

  1. Ulek cabe, bawang putih, garam sampai dengan halus, kemudian tambahkan gula jawa dan tumbuk sampai dengan benar-benar halus. Kemudian campurkan semua bahan satu persatu dan lanjut untuk menumbuk hingga benar-benar bumbu menjadi satu.
  2. Setelah selesai tes rasa, jika sudah sesuai Anda tinggal memberi sedikit air pada bumbu halus tersebut.
  3. Rebus semua sayuran hingga tingkat kematangannya pas atau bisa juga disesuaikan dengan keinginan.
  4. Setelah itu sajikan dalam satu piring dan beri bumbu diatasnya.
  5. Selanjutnya bisa menambahkan krupuk merah yang khas untuk gado-gado, jika tidak ada bisa diganti dengan krupuk lainnya.

Anda bisa melihat sendiri dari sajian makanan tersebut begitu cantik dengan berbagai bahan atau sayuran yang berwarna-warni. Tidak heran jika gado-gado mampu menyabet kejuaraan sajian yang menarik atau estetika dalam perlombaan internasional. Selain itu rasanya juga sangat dominan dengan ciri khas Indonesia dengan berbagai bumbu atau rempah pilihan. Makanan jenis ini cocok untuk Anda yang vegetarian atau sedang menjalani diet, karena kandungan karbohidratnya tidak banyak hanya berasal dari kentang. Selain itu nutrisinya sangat lengkap dan sangat menyehatkan untuk tubuh, layak kuliner Indonesia satu ini selalu diminati banyak warga luar negeri.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *