Tak Hanya Sate Madura, Inilah Kuliner Madura Lain yang Layak Dicoba

Siapa yang tak mengenal pulau Madura? Pulau yang ada di Indonesia ini memiliki kekayaan wisata yang indah dan juga hasil laut melimpah. Selain adanya jembatan Suramadu yang sangat terkenal, Madura juga selalu identik akan satenya yang lezat. Sate Madura memang amat terkenal, terbukti dengan sate ini yang menduduki ranking atas dalam makanan terlezat di dunia. Tak heran jika sate dari Madura ini banyak sekali dijual di daerah lain di Indonesia. Sate empuk dengan aroma arang ditambah bumbu kacang spesial menjadikan sate ini tak pernah salah untuk teman makan.

Namun jangan salah, Madura tak hanya punya sate Madura sebagai kulinernya karena masih ada banyak sekali kuliner Madura lain yang patut Anda cicipi, diantaranya:

  • Rujak cingur Madura

Yang pertama adalah rujak cingur dari Madura. Rujak cingur dari Madura berbeda dengan rujak cingur dari daerah lain karena rasanya yang khas. Makanan ini terbuat dari cingur atau hidung sapi dengan bumbu petis asli dari Madura. Bahan tambahan lain untuk lengkapi rasa rujak cingur ini adalah sayuran yang direbus, lontong, tahu dan tempe. Rasanya segar dan nikmat.

  • Soto Madura

Setiap daerah punya menu soto masing-masing yang berbeda-beda. Madura pun demikian dimana punya citarasa yang berbeda dan istimewa. Kuah dari soto Madura ini lebih segar dengan isian yang beragam. Jika Anda datang ke Madura, maka wajib mencicipi soto segar ala Madura ini.

  • Bebek songkem

Daging bebek merupakan menu yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Sayangnya untuk mengolah daging bebek ini memang ada tantangan tersendiri karena lebih bau dan alot. Ada menu spesial bebek dari Madura juga yaitu bebek songkem dimana bebek ini dimasak bersama bumbu rempah lalu ditengkurapkan lalu kemudian dikukus memakai daun pisang. Rasanya pun tak kalah lezat dari bebek goreng dan bebek bakar yang biasa Anda santap.

  • Lorjuk Madura

Mendengar namanya mungkin banyak yang tidak tahu menahu akan makanan yang satu ini. Makanan ini adalah makanan khas dari Madura dimana lorjuk ini adalah sejenis kerang yang ada di dalam pasir bawah laut. Meski cara memasaknya biasa, namun dari segi tekstur dan rasanya lorjuk ini punya citarasa yang berbeda dari jenis kerang lainnya.

  • Topak ladhe

Ada juga topak ladhe dimana makanan ini hanya ada saat hari besar dan hari raya saja. Terbuat dari daging sapi lalu diberi kuah santan dan bumbu rempah khas Madura menjadikan topak ladhe kian istimewa.

Itulah beberapa makanan khas Madura yang patut Anda coba ketika berkunjung ke Madura. Ternyata kuliner Madura bukan hanya sate Madura saja bukan?

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *