Tips dan Trik Membuat Kopi Arabika yang Tepat dan Nikmat

Sebagai salah satu orang yang menyukai kopi tentunya Anda tidak pernah asing dengan jenis kopi yang disebut Arabica. Asal mula kopi Arabika yaitu dari Etopia dan Brazil, jenis kopi tersebut mempunyai habitat pada hutan tropis yang rimbun. Jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya memang Arabica lebih banyak penikmatnya, bahkan dipasaran baik dalam negara maupun luar negeri Arabica mampu menjadi raja dan menguasai pasar sampai dengan 70%. Arabica merupakan jenis kopi pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Untuk tanamannya sendiri akan tumbuh dengan tinggi kurang lebih sekitar 1000-2000 m dari permukaan laut.

Jenis Arabica sendiri supaya dapat berbunga dan berbuah membutuhkan waktu kurang lebih sekitar empat atau lima bulan dalam periode kering. Jika sedang musim hujan dan terus menerus bunga diguyur oleh hujan yang deras pasti akan mengalami gagal berbuah. Jenis tanah yang dibutuhkan oleh Arabica adalah yang banyak mengandung bahan organik. Sebagai petani pasti akan paham dengan baik bahwa bahan organik sangat diperlukan oleh tanah untuk menjaga kelembaban dan menjaga sumber nutrisi yang baik untuk tanah. Selain itu juga dapat meningkatkan tingkat keasaman yang sangat cocok, yaitu sekitar 5.5 sampai dengan 6 pH.

Bunga Kopi Arabika

Untuk di Indonesia sendiri juga merupakan salah satu negara yang mampu menghasilkan Arabica dengan jumlah yang banyak. Khususnya diberbagai wilayah yang masuk dalam daerah pegunungan seperti Aceh, Toraja, Sumatera Utara dan juga beberapa wilayah di pulau Jawa. Dan daerah-daerah tersebut sudah berhasil mengekspor keberbagai negara. Hal itu karena memang kopi Arabika dari Indonesia mampu memanjakan lidah para pecinta kopi diseluruh negara Indonesia. Nah, berikut ini beberapa ciri dari Arabica yaitu:

  1. Kenikmatan begitu terasa dari rasa yang dihasilkan oleh sajian kopi jenis Arabica yang mampu membuat lidah dimanjakan. Rasa pahit, manis, gurih menjadi satu perpaduan yang nikmat, selain itu teksturnya yang kental juga sangat terasa saat masuk kedalam mulut.
  2. Selanjutnya adalah dari aroma kopi yang wangi sedap karena pencampuran buah, sayuran, rempah dan juga bunga yang hidup didaerah-daerah sejuk dan dingin di pegunungan.
  3. Rasa asam yang dimunculkan menjadi daya tarik tersendiri dari Arabica untuk penikmatnya, rasa tersebut tidak dimiliki oleh jenis kopi lainnya dan tidak terkecuali Robusta.

Walaupun harga dipasaran baik pada toko online ataupun offline kopi jenis Arabica memang lebih mahal tetapi hal itu tidak mengurangi jumlah penggemar Arabica diseluruh dunia. Berikut ini ada beberapa langkah dalam membuat kopi jenis Arabica yang nikmat dan lezat yaitu:

  1. Pertama masukkan kopi dua sendok teh penuh, sebelumnya Anda harus merebus air terlebih dahulu sampai dengan mendidih
  2. Tuangkan air kedalam cangkir yang telah berisi kopi dan aduk sampai dengan mencampur menjadi satu.
  3. Supaya tidak keluar busa, Anda bisa mengaduknya dengan lembut. Setelah itu larutkan gula sesuai dengan selera Anda.
  4. Nah, dan yang terakhir kopi siap untuk dinikmati.

Untuk membuat rasa kopi yang lebih baik sesuai dengan selera Anda bisa menambahkan berbagai bahan lainnya seperti kayu manis, creamer, susu atau lainnya. Sekarang ini banyak kopi jenis Arabica yang dibungkus dalam sachet dan juga lebih murah. Tetap memang akan lebih baiknya jika Anda memilih jenis kopi Arabika yang masih murni, penyeduhan, rasa yang dihasilkan serta aromanya akan lebih nikmat.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *