Lakukan Langkah-Langkah Ini Gara Email Bisa Anda Akses Dengan Mudah di Android

Saat ini, tidak sedikit para pebisnis yang menggunakan email dengan nama domain sendiri. Selain membuat perusahaan yang dimilikinya tampak lebih profesionalitas, menggunakan email dengan nama domain sendiri juga memiliki banyak sekali kelebihan.

Diantaranya adalah penyimpanan yang lebih banyak, keamanan yang lebih terjamin dan masih banyak lagi. Tentunya, dengan email ini, Anda bisa melihat cara menghapus Gmail lama dan mulai mengggunakan email baru.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa menggunakan email dengan nama domain sendiri tidak cukup praktis karena tidak bisa dihubungkan dengan menggunakan Android. Padahal, cara men-setting email Anda ke Android sangatlah mudah dan tidak ribet.

Sebelum Anda men-setting email di Android, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Hal ini agar bisa membantu Anda agar lebih mudah dalam melakukan pengaturan email ke Android Anda. Beberapa hal yang Anda butuhkan yakni:

  1. Akun email dengan nama domain sendiri

  2. Mempunyai perangkat Android.

Jika kedua hal tersebut sudah Anda miliki, maka langkah selanjutnya ialah mengetahui cara setting email untuk Android. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk setting email di Android?

  1. Pertama, masuk ke dalam aplikasi email yang terdapat di Android dan pilih menu Settings kemudian Add Account.

  2. Jika sudah, Anda bisa pilih Other yang terdapat di daftar aplikasi email untuk bisa menambahkan akun email milik Anda.

  3. Langkah selanjutnya yakni, masukkan alamat email kemudian klik Next.

  4. Pilihlah jenis incoming server yang ingin Anda gunakan seperti POP3 atau IMAP. Nah, untuk contoh kali ini akan menggunakan IMAP. IMAP ini akan membantu Anda untuk menghubungkan email lewat perangkat yang berbeda.

  5. Namun, jika terjadi masalah di ukuran penyimpanan email, Anda bisa menggunakan POP3. Kemudian, Anda bisa langsung menghubungi penyedia hosting ataupun layanan pendukung protocol yang Anda pilih. PIlihlah Exchange jika Anda memakai layanan Microsoft Exchange.

  6. Langkah selanjutnya yaitu masukkan password dari akun email yang Anda miliki dan klik Next.

  7. Cek kembali data yang sudah Anda isikan pada Incoming Server Setting apakah sudah benar atau belum.

  8. Jika semua data telah terisi, maka langsung saja klik Next.

  9. Detail yang terdapat di outgoing server sebaiknya sama dengan data yang ada pada Incoming Server. Untuk port bisa Anda isi 587 dan untuk Security type pilihlah SSL/TLS (Accept all certificates). Jika semuanya sudah diisi dengan benar, maka langsung saja klik Next.

  10. Pilih interval waktu untuk menghubungkan email yang Anda miliki dengan server email. Apabila tidak perlu untuk disinkronkan, maka Anda bisa langsung memilih menit yang paling lama untuk menghemat baterai.

  11. Anda bisa mengaktifkan notifikasi saat email masuk dengan cara memberi tanda centang pada Notify me when email arrives.

  12. Jika sudah, maka akan muncul sebuah pesan untuk Anda.

Jika Anda sudah melewati semua langkah diatas, maka alamat email yang Anda miliki bisa langsung diakses pada Android yang dimiliki. Cukup mudah bukan? Dengan mengetahui bagaimana cara mengakses email dengan nama domain sendiri di Android tentu saja membuat Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Buat Anda yang merasa kesulitan untuk menghapus email di Gmail yang lama, Anda bisa baca selengkapnya, disini. Dengan mengetahui langkah-langkah diatas, semoga bisa membantu Anda untuk bisa mengakses email dengan nama domain sendiri dengan cara yang lebih praktis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *