Leukimia Pada Anak; Penyebab dan Gejalanya

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi momok di kalangan masyarakat. Hal tersebut antara lain karena tak ada obat yang pasti bagi penyakit kanker, selain itu biaya pengobatannya juga terbilang mahal. Hingga saat ini dunia medis memang belum mampu menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit kanker. Proses penyembuhan kanker perlu melalui serangkaian prosedur medis yang memakan waktu lama, memiliki cukup banyak efek samping serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu jenis penyakit kanker yang kasusnya cukup banyak ditemui adalah kanker darah. Kanker darah atau biasa disebut dengan leukimia adalah salah satu jenis kanker yang ditandai dengan abnormalnya sel sel darah putih darah putih di dalam tubuh. Penyakit kanker ini dapat menyerang manusia di segala usia, mulai dari anak anak hingga manula.

Gejala Leukimia Pada Anak

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan anak anak terkena penyakit leukimia. Salah satu faktor yang paling banyak ditemukan adalah karena faktor keturunan. Anak anak yang lahir dari garis keturunan pengidap kanker memang lebih rentan terkena penyakit serupa. Sel sel kanker yang ada di tubuhnya cenderung lebih mudah aktif dibanding anak anak lain.

Selain itu, gejala leukimia pada anak dapat pula ditemukan karena anak anak terlalu sering terkena paparan asap rokok. Zat zat beracun pada rokok memang dikenal dapat merusak organ dan merangsang sel kanker di dalam tubuh untuk aktif dan berkembang. Apalagi daya tahan tubuh anak anak belum sekuat orang dewasa.

Leukimia pada anak kerap menunjukan gejala yang tidak signifikan. Maksud dari tidak signifikan adalah gejala tersebut nampak mirip dengan gejala gejala yang ditimbulkan penyakit lainnya. Gejala kanker leukimia pada anak antara lain:

  1. Lemas

Pada umumnya anak anak adalah makhluk yang aktif. Rasa ingin tahu di masa tumbuh kembang membuat mereka bersemangat mengeksplor segala hal di sekitarnya. Anak anak leukimia biasanya tak tampak demikian. Sel kanker yang mulai berkembang membuat mereka terlihat lemas dan kelelahan dalam waktu berkepanjangan.

  1. Demam, Menggigil dan Sakit Kepala

Ketiga gejala ini sering muncul secara bersamaan. Anak anak dengan leukimia seringkali mengidap demam tanpa penyebab yang jelas. Demam akan cukup tinggi hingga membuat tubuhnya menggigil dan mengalami sakit kepala hebat.

  1. Muntah Muntah

Adanya sel yang tak seimbang di dalam tubuh akan membuat anak anak dengan leukimia seringkali diserang rasa mual dan berujung muntah muntah yang perlu sangat diwaspadai karena dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Keringat Berlebih

Para pengidap kanker darah memang seringkali mengeluarkan keringat secara berlebihan, terutama pada malam hari ketika cuaca justru tengah tak panas.

  1. Penurunan Berat Badan

Waspadalah jika anak Anda mengalami penurunan berat badan yang tampak tak lazim. Penurunan berat badan yang drastis bisa jadi merupakan salah satu gejala adanya penyakit kanker leukimia pada anak anak.

Anak anak yang menunjukan gejala gejala di atas perlu segera diperiksakan ke dokter. Terlebih apabila ada gejala lain yang menyertainya seperti nyeri tulang dan sendi, mimisan, munculnya infeksi dan bintik bintik merah serta pembengkakan pada hati dan limfoma.

Semakin cepat penyakit kanker terdeteksi, maka semakin besar pula kesempatan penderitanya untuk pulih. Sel kanker yang masih berada di stadium awal memang cenderung lebih mudah dibasmi dengan serangkaian pengobatan seperti kemoterapi dan lain lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *