3 Tips Liburan Bersama Buah Hati yang Masih Balita

Liburan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama buah hati. Saat Anda liburan bersama buah hati yang masih balita maka banyak hal yang harus disiapkan dengan baik, mulai dari transportasi, penginapan hingga kebutuhan yang harus dibawa. Lebih jelasnya, berikut adalah tips liburan yang harus Anda siapkan jika berlibur bersama buah hati yang masih balita

  • Siapkan Rencana Berlibur dari Jauh Hari

Liburan membawa anak yang masih balita sebaiknya direncanakan jauh hari/ tidak mendadak. Anda bisa membuat jadwal dan tempat yang dituju dengan matang. Pilih tempat-tempat wisata yang bisa menambah wawasan si kecil. Misalnya: kebun binatang, kolam renang atau pantai, taman dsb. Dan yang terpenting adalah pastikan kesehatan anak saat menjelang hari keberangkatan.

  • Persiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Membawa balita liburan tidak serepot jika anak masih bayi, karena Anda tidak perlu membawa peralatan makanan penunjang ASI. Anak balita sudah bisa makan makanan orang dewasa dan bisa mengkomunikasikan apa yang ia inginkan. Namun ada beberapa barang yang mesti dipersiapkan.

Masukkan peralatan atau barang si kecil pada tas yang isinya khusus keperluannya, hal ini untuk memudahkan jika akan mengambil barang. Pisahkan tas untuk mainan dan siapkan bantal kecil dan selimut. Perkirakan jumlah pakaian anak yang akan dibawa selama perjalanan. Jangan terlalu banyak membawa pakaian karena malah akan menjadi beban.

Baca Juga : TIPS TRAVELING KE LUAR NEGERI BAGI PEMULA

Lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar keperluan balita berdasarkan transportasi yang digunakan:

  • Pesawat terbang – Apabila liburan menggunakan transportasi udara maka ada beberapa hal yang harus disiapkan, yaitu: mankanan dan minuman untuk buah hati. Saat take off dan landing Anda bisa memberikan camilan.

Siapkan juga ear plug untuk mencegah telinganya sakit saat udara mengalami tekanan. Jangan lupa membawa mainan kesukaannya agar tidak merasa bosan saat perjalananan.

  • Kendaraan darat – Jika Anda memutuskan melakukan perjalanan dengan mobil, pastikan berhenti setelah 2 jam perjalanan. Sebaiknya lakukan perjalanan saat anak tidur. Hal ini bisa mencegah ia kelelahan. Siapkan bantal dan selimut agar tidurnya nyaman. Jika Anda membawa mobil sendiri, bisa bawa stoller selama perjalanan. Dengan stoller Anda tidak perlu terus-terusan menggendongnya. Selain itu anak merasa lebih nyaman dan bisa menikmati pemandangan disekelilingnya.

Jaga Kekompakan Bersama Pasangan dan Jaga Kesehatan

Saat melakukan perjalanan bersama balita, konsentrasi Anda biasanya akan tercurahkan kepada balita. Akibatnya para orangtua lupa menjaga kesehatannya. Pastikan pada waktu di hotel digunakan untuk istirahat.

Menjaga kekompakan Anda bersama pasangan menjadikan perjalanan terasa lebih menyenangkan. Terkadang ada beberapa situasi yang tidak terduga dan tidak mengenakkan, misalnya: anak rewel, kesal dsb. Sebaiknya saling mengerti dan memahami situasi adalah salah satu cara untuk menjaga Anda dan pasangan tetap kompak selama perjalanan. Demikian tips liburan bersama buah hati yang masih balita. Semoga Bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *