Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Saat Mudik Agar Tidak Kehabisan

Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Mudik ini juga sering disebut dengan pulang kampung dan biasa dilakukan ketika akan memasuki libur panjang hari raya baik itu lebaran, natal, ataupun perayaan lainnya. Mudik dilakukan oleh masyarakat yang dari perantauan ke tempat keluarga sehingga bisa untuk menghabiskan waktu ketika hari besar. Ada banyak kendaraan yang bisa dipilih untuk mudik ini dari angkutan darat seperti memesan tiket kereta api dan juga bus, atau juga bisa untuk menggunakan jalur laut dengan kapal dan jalur udara dengan pesawat untuk masyarakat yang berada di seberang pulau dan memiliki uang cukup untuk naik pesawat.

Tiket Kereta Api Online
Image : Tipki Bags

Salah satu kendaraan yang diminati oleh masyarakat untuk kembali ke kampung halamannya adalah dengan kereta api. Ada banyak sekali keunggulan memilih kendaraan ini seperti tidak akan terjebak macet sehingga akan tiba di tujuan lebih cepat dan juga tepat waktu. Karena banyak juga masyarakat yang mudik dengan bus akan melewatkan momen pentingnya karena terjebak macet panjang di jalan. Dimana saat arus mudik memang akan banyak terjadi kemacetan di mana-mana. Kelebihan lainnya adalah harganya yang cukup terjangkau tidak terlalu mahal dan bisa untuk melayani mudik di berbagai wilayah walaupun hanya dalam satu pulau saja.

Saat menjelang arus mudik, biasanya banyak orang yang ingin naik kereta api walaupun biasanya tidak sering menggunakan jenis kendaraan ini. Tentu saja karena mempertimbangkan harga dan juga keunggulan lainnya. Selain itu untuk tiket kendaraan ini juga tidak mengalami kenaikan yang drastis seperti kendaraan lainnya yang akan menjadi mahal terutama saat detik-detik akhir menjelang lebaran. Oleh karena itu banyak masyarakat yang menyerbu tiket kereta api agar tidak kehabisan dan nantinya harus menggunakan moda transportasi yang lain. Agar tidak kehabisan tiket tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang akan melaksanakan mudik dengan kereta api:

1. Melihat jadwal penjualan tiket
Untuk cara pertama adalah selalu memantau tiket mudik dengan kereta api akan dijual. Karena biasanya tentu saja tiket kereta tersebut tidak dijual dan bisa dibeli saat hari H melainkan jauh-jauh hari. Bukan hanya beberapa hari atau minggu tetapi bisa satu bulan atau bahkan dua bulan sebelumnya. Oleh karena itulah sebaiknya Anda yang ingin mudik dengan kereta api selalu update dengan informasi mengenai penjualan tiket lebaran sehingga tidak kehabisan nantinya.

2. Mencari tiket untuk mudik gratis dengan kereta api
Bagi masyarakat yang kehabisan tiket tersebut yang dijual secara langsung oleh KAI. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih banyak pihak yang menawarkan tiket gratis untuk mudik menggunakan kereta api. Ada banyak instansi, kantor, dan perusahaan yang menawarkan tiket gratis dengan kereta api yang bisa dipilih. Selain gratis tentu saja penawaran tiket ini juga terbatas sehingga harus memantau dan mengetahui kapan dan cara pendaftarannya.

3. Membeli di berbagai situs perjalanan
Selain membeli di stasiun secara langsung maupun dengan mencoba untuk mendapatkan tiket kereta api gratis dengan mudik yang diadakan sebuah perusahaan. Anda bisa untuk membeli atau mencari tiket di berbagai situs perjalanan yang semakin banyak sekarang ini. Membelinya tentu saja harus jauh-jauh hari tetapi biasanya dengan harga yang lebih sedikit mahal agar bisa mendapatkan tiket untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga ketika momen istimewa.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *