Informasi Terbaru tentang Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di wilayah Grobogan, tepatnya ada di Desa manggarmas. Menurut informasi terbaru mengenai tempat wisata ini, api abadi mrapen sudah mengalami renovasi sehingga tampilannya pun semakin dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Lokasi api abadi ini sangat mudah dijangkau karena berada di titik tengah antara Semarang dan Purwodadi serta berada di tepi jalan. Apabila berangkat dari arah Semarang, bisa naik angkutan bus di terminal Penggaron dan turun tempat di depan api abadi mrapen. Sedangkan bagi yang berangkat melalui Solo, bisa menggunakan bus Solo-Purwodadi, kemudian berganti bus Purwodadi-Semarang, dan turun di depan Api Abadi Mrapen.

Satu dekade terakhir, bisa dikatakan bahwa pengunjung obyek wisata ini menurun secara drastis, hal ini disebabkan karena tidak adanya dana pengelolaan. Hal ini juga terjadi karena obyek wisata ini dimiliki serta dikuasai oleh pihak keluarga ahli waris tanah. Namun, berdasarkan informasi terbaru, lahan api abadi mrapen kini sudah dibeli oleh pihak pemerintah provinsi Jawa Tengah sehingga pengelolaannya pun semakin baik dari hari ke hari.

Api Abadi Mrapen ini menjadi saksi beragam acara, dari pengambilan api untuk perayaan ajang olahraga Ganefo zaman pemerintahan presiden Soekarno, kamudian pengambilan api untuk acara Pekan Olahraga Nasional, juga pengambilan api untuk peringatan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur setiap tahunnya.

Jika sepuluh tahun terakhir banyak wisatawan yang kecewa dengan kondisi Api Abadi Mrapen yang tak terawat, maka kini wisatawan dapat tersenyum karena Api Abadi Mrapen sudah mengalami renovasi besar-besaran.

Apai Abadi Mrapen ini memiliki sejarah yang cukup panjang, menurut legenda yang ada, api yang ada di tempat wisata ini dahulunya digunakan oleh Empu Supo, seorang Empu dari Kerajaan untuk membuat keris. Empu Supo menempa logam di atas api abadi mrapen. Berdasarkan sejarah yang ada, Api Abadi ini muncul di tahun 1447 dan ditemukan oleh Sunan Kalijaga.

Selain api abadi, lokasi wisata ini juga memiliki daya tarik lainnya, yaitu dengan adanya sendang dudo, danau berair keruh yang mengeluarkan buih seperti air yang sedang mendidih, serta dipercaya pula air sendang dudo ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dulu danau ini digunakan Empu Supo untuk mendinginkan keris setelah ditempa. Serta ada pula Watu Bobot yang mana dipercayai bahwa bagi orang yang mampu mengangkat batu besar ini, maka keinginannya akan terkabul.

Setelah adanya renovasi, saat ini juga ada bangunan Gedung Olahraga yang besar dan megah di dalam lokasi Api Abadi Mrapen ini. Bangunan ini sepertinya menjadi tanda bahwa pagelaran pesta olahraga di Indonesia sering mengambil api abadi di sini.

Informasi terbaru tentang Api Abadi Mrapen ini tentunya menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Grobogan karena tempat wisata yang selama ini menjadi kebanggaan, kini telah berubah semakin cantik dan menarik.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *