Mudahnya Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Trik Berikut Ini!

Masalah kesehatan di dunia yang serba modern seperti saat ini ternyata kian banyak saja. Faktor utama yang bisa menjadikan masalah kesehatan serba serius tersebut diantaranya adalah gaya hidup yang buruk. Ya, coba saja Anda lihat di sekeliling banyaknya orang sibuk sehingga malas berolahraga, terlalu banyak lembur sehingga tak cukup istirahat, makan makanan siap saji yang kandungan garam dan minyaknya tinggi. Atau bahkan diri Anda juga menerapkan pola hidup demikian? Oleh karena itu jika Anda peduli pada kesehatan, maka gaya hidup sehat harus dimulai dari saat ini.

Penerapan gaya hidup yang sehat memang bisa dibilang tidak mudah dan butuh konsistensi tingkat tinggi. Hal ini lantaran gaya hidup yang sehat tidak hanya bisa dilakukan sehari dua hari saja, namun untuk seterusnya. Tak perlu langsung mengganti keseluruhan pola hidup Anda, lakukan saja perlahan dengan tahap berikut ini:

  • Ketahui status kesehatan Anda

Sebelum memulai pola hidup sehat, maka yang pertama adalah dengan mengetahui dulu seperti apa kesehatan Anda saat ini. Dengan melakukan pemeriksaan di awal, maka Anda betul tahu nantinya tahapan seperti apa yang seharusnya dilakukan. Indeks masa tubuh, kolesterol dan lainnya harus diketahui sehingga penerapan pola hidup sehat dapat disesuaikan dengan kondisi tersebut

  • Membenahi pola makan

Gaya hidup sehat sebetulnya sangat erat kaitannya dengan makanan. Oleh karena itu setelah Anda tahu kondisi kesehatan Anda, lanjutkan dengan benahi pola makan. Dari kondisi kesehatan nantinya Anda akan direkomendasikan oleh dokter dengan mengurangi ini, menambah itu dan lain sebagainya. Yang jelas pastikan untuk kurangi makan makanan siap saji, goreng-gorengan dan makanan tak sehat lainnya.

  • Mulai beraktivitas fisik

Beraktivitas fisik juga akan mampu bantu tubuh Anda untuk tetap bugar. Oleh karena itu pastikan untuk selalu miliki waktu khusus berolahraga. Anda bisa berolahraga apapun mulai dari lari, bersepeda, ke gym dan lain sebagainya. Olahraga bisa dimulai dengan intensitas ringan dulu misalnya mulai dari 10 menit, nantinya jika sudah terbiasa baru lanjut ke intensitas yang lebih lama.

  • Waktu tidur

Buatlah jadwal tidur Anda misalnya saja maksimal jam 10. Jika sudah mendekati jam 10, maka matikan komputer, TV dan pastinya ponsel sehingga tidur bisa lebih fokus dan nyenyak. Di awal mungkin Anda akan kesulitan untuk langsung tidur, maka bantu dengan minum teh hangat atau mandi air hangat. Nantinya jika terbiasa tidur pun lebih tertata.

Itulah beberapa tips memulai gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan. Menerapkan gaya hidup yang sehat memang awalnya akan sulit. Namun nantinya lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan gaya hidup tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *