Tips Berhemat dengan Gaji Kecil

Hidup dengan gaji kecil bukan berarti tidak bisa menabung, yang dibutuhkan adalah bisa mengelola gaji dengan cermat dan tepat sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Dan berikut ini adalah tips berhemat dengan gaji kecil agar semua kebutuhan dapat terpenuhi dan tetap bisa menabung:

Menentukan Tujuan Keuangan

Sebelum melakukan pengaturan keuangan, alangkah baiknya untuk menentukan tujuan keuangan terlebih dahulu. Dengan adanya tujuan, maka pengaturan keuangan pun akan lebih mudah. Selain itu, dengan adanya tujuan keuangan ini juga bisa menjadi motivasi untuk mencari rezeki dan pendapatan.

Kebutuhan Bukan Keinginan

Situasi yang boros adalah ketika membeli sesuatu berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan. Oleh karena itu, ketika berbelanja, pilih barang-barang yang memang dibutuhkan, bukan yang diinginkan, karena apabila menuruti keinginan tentu saja tidak ada habisnya.

Membuat Budget Bulanan

Tips berhemat selanjutnya adalah dengan menyiapkan budget bulanan dalam mengalokasikan gaji. Sangat penting untuk membuat beberapa pos untuk menyesuaikan pengeluaran, mulai dari kebutuhan makan, transportasi, cicilan, hiburan, dana darurat, serta tabungan. Jangan lupa juga untuk pembayaran cicilan dan membayar hutang harus diutamakan pada awal bulan.  

Menabung dan Berinvestasi

Tabungan dan investasi sangatlah penting, meski gaji kecil, sebisa mungkin harus ada dana yang ditabung serta untuk berinvestasi. Untuk tabungan sebisa mungkin alokasikan sebesar 30-50% dari pendapatan, sedangkan untuk investasi gunakan 5 % dari pendapatan untuk berinvestasi.

Jika dibayangkan mungkin akan susah, oleh karena itu, hal pertama yang harus ditata memang mindset atau cara berpikir. Karena tabungan serta investasi ini sangatlah penting untuk masa depan, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk keluarga. Selain itu, tabungan atau investasi ini juga bisa digunakan sebagai dana darurat, misalnya ketika sakit atau ketika anak ingin masuk ke sekolah.

Selain itu, apabila mendapatkan dana lebih seperti komisi, bonus, atau THR, tambahkan untuk tabungan atau investasi, misalnya emas atau reksadana.

Tidak Berfoya-foya

Memiliki gaji kecil tak perlulah berfoya-foya, misalnya membeli tas atau fashion bermerk, bergonta-ganti ponsel, atau nongkrong di kafe. Pergaulan memang penting, namun harus tahu batas dan sadar diri sampai dimana kemampuan kita.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat juga harus dipersiapkan dengan baik. Dana darurat sebaiknya dua kali pengeluaran bulanan. Misalnya pengeluaran tiap bulan 1 juta, maka keluarga harus memiliki simpanan dana darurat minimal 2 juta rupiah.

Tips berhemat ini memang tidak mudah untuk dilakukan, karena butuh kedisiplinan, ketekunan, dan tentunya dibutuhkan niat serta kemauan dalam mengatur keuangan. Apabila sudah menikah, wajib hukumnya untuk membicarakan perihal keuangan dengan istri sebagai partner keuangan dalam keluarga, karena dengan begitu, istri yang biasanya mengelola keuangan keluarga bisa menerapkan prinsip-prinsip keuangan yang baik agar bisa semua kebutuhan bisa tercukupi meski dengan gaji kecil.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *