Tips Berhemat Mahasiswa Anak Kost-an

Menjadi anak kost, tinggal di perantauan menuntut untuk lebih mandiri, pandai mengatur waktu dan keuangan. Uang kiriman awal bulan harus bisa digunakan dengan hemat dan bijak, jangan sampai saat akhir bulan sudah tidak ada uang sama sekali. Berikut adalah tips berhemat yang bisa Anda coba

Belanja Sesuai Dengan Kebutuhan Bukan Atas Dasar Keinginan

Tips berhemat pertama anak kos adalah belanja sesuai dengan kebutuhan. Banyak anak kos yang sesudah dapat kiriman belanja dari orang tua langsung belanja ke supermarket atau jalan-jalan ke mal. Namun untuk menghemat pengeluaran, pastikan apakah kebutuhan bulanan sudah habis atau belum. Jadi awali dengan membuat list barang-barang yang harus dibeli dan pastikan barang-barang tersebut benar-benar dibutuhkan.

Beli Rice Cooker Lebih Menghemat Dibandingkan Beli Nasi

Cara yang kedua berhemat anak kos adalah masak sendiri. Walaupun agak menyita waktu namun masak sendiri lebih hemat dibandingkan beli makan di warung. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa memasak nasi saja sedangkan lauk pauknya bisa beli di warung.

Baca Juga : TIPS BERHEMAT, MENGATUR DAN MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA

Sebelum memilih warung nasi langganan, sebaiknya survay terlebih dahulu tempat makan yang menjual lauk pauk dengan harga murah. Hal ini berlaku juga untuk minuman. Dibandingkan beli minuman sachet di warung lebih baik bikin sendiri.

Stop Laundry dan Mulai Mencuci Baju Sendiri

Sekarang sudah banyak jasa laundry terutama di daerah kos-kosan. Banyak anak kos yang malas mencuci lalu mengandalkan jasa laudry apalagi sekarang sudah banyak jasa cuci. Jika Anda ingin berhemat sebaiknya cuci baju sendiri. Jika dana untuk cuci dan baju ke laudry selama sebulan menghabiskan uang sebesar 100 ribu, artinya Anda menghemat uang tersebut dan bisa Anda alokasikan ke kebutuhan lain.

Produktif dan Kreatif Dengan Berorganisasi dan Bisnis

Menjadi lebih produktif dan kreatif bsia menjadi cara Anda untuk lebih berhemat. Misalnya dengan mengikuti berbagai organisasi di kampus. Atau bisa dengan kerja sambilan, bisa dengan bisnis atau kerja paruh waktu. Ada banyak bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang tidak mengganggu waktu kuliah, misalnya: jual pulsa, jual makanan dititipkan di kantin, jualan baju dsb. Selain mendapatkan uang tambahan Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan.

Manfaatkan Fasilitas di Kampus

Salah satu cara menghemat pengeluaran listrik adalah dengan mengerjakan tugas di kampus. Biasanya kampus-kampus menyediakan fasilitas wifi gratis yang bisa Anda manfaatkan mencari data yang diperlukan untuk mengerjakan tugas. Selain wifi manfaatkan kartu perpustakaan untuk pinjaman buku yang dibutuhkan.

Menjadi anak kos merupakan tantangan dan kesempatan belajar bagaimana mengelola keuangan yang baik dan benar. Demikian beberapa tips berhemat anak kos yang bisa Anda coba. Selamat berhemat!

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *