Tips Berhemat yang Paling Efektif

Mecapai kesuksesan finansial adalah harapan semua orang. Ada cara bagaimana Anda berhasil meraihnya yaitu dengan berhemat. Banyak orang yang memiliki penghasilan besar namun selalu kurang karena hidup boros. Berikut adalah tips berhemat paling efektif yang bisa Anda coba

Buat Catatan Uang Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat catatan secara sistematis membantu Anda memonitor, mengontrol uang yang masuk dan keluar. Selain itu catatan keuangan bisa dijadikan bahan evaluasi pada bulan berikutnya, dengan adanya pencatatan Anda bisa mengetahui jenis pengeluaran apa saja yang paling besar atau yang tidak sesuai dengan anggaran.

Buat List Belanjaan dan Pilih Barang Sesuai List

Membuat daftar belanjaan membantu Anda fokus pada apa yang harus dibeli. Kadang keinginan untuk membeli sesuatu datang menggoda saat sedang berbelanja. Anda harus berkomitmen dengan diri sendiri untuk tidak tergoda barang-barang yang tidak dicantumkan.

Selain membuat list belanja kebutuhan, Anda harus melist jenis pengeluaran lainnya yang harus dikeluarkan, misalnya: bayar listrik, air dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Tips Traveling Ala Backpacker, Hemat dan Murah

Rubah Gaya Hidup yang Konsumtif

Hidup sederhana adalah cara yang paling tepat untuk berhemat, salah satunya dengan merubah gaya hidup. Yang dimaksud dengan merubah gaya hidup bukan berarti Anda menghindari pergaulan. Namun Anda harus menggunakan konsep sederhana yang efektif. Misalnya: Anda ikut senam dan harus mengeluarkan uang setiap latihan bisa diganti dengan olahraga lari pagi, biasa belanja di supermarket di mall bisa diganti dengan belanja di pasar tradisional yang harganya lebih murah dan bisa ditawar.

Bawa Makanan Sendiri Jika Akan Keluar Rumah

Masak masakan sendiri lebih murah dibandingkan harus beli makanan di luar. Selain lebih hemat, makanan yang dibuat sendiri lebih terjamin kebersihannya. Begitupun dengan minuman, Anda bisa membawa botol sendiri, jika habis bisa isi ulang tidak perlu beli minuman kemasan baru.

Senantiasa Menjaga Kesehatan

Kesehatan berhubungan juga dengan pola hidup hemat. Karena dengan hidup yang sehat dapat mencegah datangnya penyakit. Jika Anda sakit harus mengeluarkan dana pengobatan yang biayanya relatif tidak sedikit. Tentu saja hal ini berpengaruh pada jumlah pengeluaran.

Beli Barang yang Bisa dijadikan Investasi/ Suatu Saat Bisa Berguna

Jika Anda memiliki kelebihan uang namun merasa masih belum cukup. Anda bisa membeli barang yang memiliki nilai investasi yang suatu saat bisa Anda jual kembali, misalnya : tanah, perhiasan emas atau rumah. Ketiga barang tersebut adalah contoh barang yang bisa diinvestasikan dan suatu hari nanti harganya bisa mengalami kenaikan..

Dari pembahasan tips berhemat tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa hidup hemat adalah memanaj pengeluaran agar lebih efektif dan efisien. Jadi berhemat bukanlah pelit, Anda masih bisa berbagi dan menolong orang yang membutuhkan dengan menyisihkan uang.  Selamat berhemat!

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *