Tips Liburan Murah ala Backpacker

Siapa yang tak ingin pergi liburan dengan budget yang murah? Tentunya semua orang menginginkannya. Hal ini tidaklah mustahil, apalagi saat ini ada tipe liburan murah ala backpacker yang bisa dilakukan. Lalu apa saja tips liburan yang bisa dilakukan untuk menjadi backpacker?

  1. Bawa Barang Penting

Selama liburan, sebisa mungkin bawa barang sesedikit mungkin, bawa barang yang penting, agar tidak memberatkan ketika melakukan perjalanan. Perjalanan backpacker biasanya hanya menggunakan satu tas ransel saja, sehingga bawa barang secukupnya. Hal ini berpengaruh juga pada berat serta jumlah bagasi, apabila hanya membawa satu tas saja, cukup diletakkan di kabin sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk bagasi.

  1. Buat Rencana Perjalanan

Rencana dan riset yang matang sangat wajib untuk dilakukan apabila ingin melakukan liburan murah. Rencanakan transportasi, penginapan, serta hal-hal lainnya dengan matang. Tak ada salahnya juga untuk membaca review-review perjalanan dari para blogger atau bertanya pada teman yang sudah pernah melakukan perjalanan backpacker ke tujuan tersebut.

Dan jangan lupa juga untuk membuat perencanaan anggaran yang matang, agar budget tidak melebihi anggaran.

  1. Destinasi Wisata Murah

Memilih destinasi wisata juga merupakan hal yang penting, untuk budget yang murah, tentunya pilih pula destinasi wisata yang juga murah, baik itu dalam segi transportasi, konsumsi, dan lain-lainnya.

Sedangkan apabila ingin pergi ke luar negeri, bisa juga memilih negara-negara yang bebas visa. Hal ini tak hanya akan menghemat biaya, namun juga akan menghemat waktu.

  1. Pilih Transportasi Murah

Memilih transportasi juga harus diperhatikan, pilih transportasi dengan budget paling murah. Atau bisa juga mencari tiket-tiket pesawat saat promo. Tak ada salahnya untuk memilih transportasi pesawat dengan lowbudget. Apalagi jika tiket ini dibooking jauh-jauh hari, maka tak jarang harganya akan lebih murah daripada harga normal.

  1. Pilih Makanan Murah

Ketika melakukan perjalanan, tak perlu makan di restoran atau cafe. Pilih makanan warung atau jalanan yang lebih murah. Dengan makan makanan atau jajanan yang merakyat, tentunya selain menekan budget, juga bisa membuat kita serasa menjadi warga lokal. Akan tetapi tetap harus diperhaikan apakah makanan tersebut benar-benar higienis ataukah tidak. Selain itu, bisa juga membawa makanan instan seperti mie instan.

  1. Penginapan Murah

Tips liburan murah selanjutnya adalah dengan memilih penginapan yang murah. Untuk mendapatkan harga yang murah, bisa dengan tinggal di dormitory yang mana satu kamar diisi banyak orang yang kebanyakan backpacker, atau bisa juga menginap di rumah teman atau saudara. Akan tetapi ketika menginap haruslah benar-benar bisa menjaga etika, paling tidak bawakan oleh-oleh atau kenang-kenangan dari tempat asal kita.

6 (enam) tips liburan murah ala backpacker ini bisa menjadi patokan sebelum melakukan liburan, dan yang terpenting adalah disiplin terhadap budget yang telah ditetapkan, jangan sampai karena tidak disiplin, kita malah kebablasan dalam menggunakan budget liburan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *