Tips Traveling Hemat Namun Tetap Menyenangkan

Sebentar lagi liburan akhir tahun akan tiba. Biasanya orang yang memiliki waktu luang dan budget dana akan menghabiskan liburan dengan traveling bersama keluarga. Tidak heran banyak orang yang menantikan moment liburan bersama keluarga. Namun bagaimana liburan yang menyenangkan dengan hemat ?. Anda jangan khawatir, karena pada artikel ini kami akan memberikan informasi tips traveling yang hemat namun menyenangkan.

Masalah dana pengeluaran saat liburan menjadi pokok pemikiran saat akan berlibur. Umumnya orang harus menyediakan budget yang besar agar liburan menjadi menyenangkan. Namun, hal tersebut tidak selamanya benar. Liburan masih bisa menyenangkan walau dilakukan dengan hemat.

Misalnya: untuk menghemat dana tidak perlu traveling ke luar negeri, ada banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda datangi di Indonesia. Tentunya pemilihan tempat mempengaruhi budget yang harus dikeluarkan, karena menyangkut biaya transfortasi, penginapan dsb. Jadi untuk Anda yang ingin traveling hemat, simak tips traveling berikut ini:

Lakukan Survai Lokasi

Sebelum pergi, tentukan terlebih dulu tempat yang akan dituju. Untuk memastikan tempat yang akan didatangi cocok atau tidak bisa lakukan survay terlebih dulu melalui internet, brosur dari agen travel dsb. Dengan survai, Anda juga bisa menghitung berapa jumlah uang yang dibutuhkan, selain itu Anda bisa mengetahui promosi, diskon dsb.

Pemesanan Jauh Hari

Setelah menentukan tempat tujuan, sekarang Anda bisa pesan tiket transportasi, penginapan. Untuk mendapatkan biaya yang lebih murah, Anda bisa melakukan pemesanan sebelum hari H. Biasanya biro perjalanan dan tempat penginapan akan memberikan harga yang lebih murah dan mendapatkan penawaran menarik lainnya.

Utamakan Kenyamanan Bukan Kemewahan

Jika ingin berhemat lupakan kemewahan. Namun, bukan berarti Anda dan keluarga tidak mendapatkan kenyamanan. Kenyamanan sangat penting, namun tidak selalu harus mewah. Misalnya: memilih transportasi, penginapan, makanan dsb. Asalkan semuanya nyaman tentu liburan menjadi menyenangkan.

Bawa Uang Tunai

Membawa uang tunai saat liburan tidak untuk dipakai foya-foya. Dengan membawa uang tunai, Anda bisa mengatur pengeluaran dan melihat berapa uang yang tersisa. Hal tersebut membantu Anda berpikir lebih sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Tapi, jangan terlalu banyak bawa uang tunai karena dikhawatirkan hilang. Jadi tetap bawa kartu ATM atau kartu kredit jika membutuhkan uang mendadak.

Mencatat Pengeluaran

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran sekecil apapun. Hal ini bisa membantu Anda mengatur dan mengetahui untuk apa uang dikeluarkan. Dengan mengetahui pengeluaran, bisa menekan keinginan untuk boros.

Berbelanja

Tips traveling yang terakhir adalah belanja. Belanja saat liburan menjadi masalah penting yang harus dipikirkan. Karena seringkali pengeluaran terbesar adalah belanja. Membeli oleh-oleh dan beberapa barang souvenir khas tempat wisata yang di datangi memang dianjurkan. Namun jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama, karena bisa membuat biaya liburan membengkak.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *