Tips Traveling Ke Luar Negeri Bagi Para Pemula

Bisa jalan-jalan ke luar negeri merupakan impian semua orang. Untuk melakukan hal itu dibutuhkan persiapan yang matang. Apalagi jika Anda baru pertama kali ke luar negeri, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips traveling ke luar negeri bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya.

Cek Kondisi Kesehatan Sebelum Berangkat

Tips traveling ke luar negeri yang pertama adalah cek kesehatan. Sangat penting untuk mengecek kesehatan sebelum Anda pergi ke luar negeri. Apalagi jika negara yang akan dikunjungi memilki riwayat wabah penyakit. Pastikan Anda mendapatkan vaksinasi yang diperlukan dan mintalah resep yang bisa menjaga kondisi kesehatan selama Anda di luar negeri.

Siapkan Dokumen Penting

Saat traveling ke luar negeri persyaratan yang wajib terpenuhi dan sangat penting adalah paspor. Dokumen ini menyangkut keselamatan dan nasib Anda selama di luar negeri. Di beberapa negara, jika pengunjung dari luar tidak bisa menunjukkan paspor bisa mendapatkan ancaman kurungan dalam penjara hingga hukuman deportasi.

Saat pergi ke luar negeri sebaiknya tidak hanya membawa paspor aslinya, namun bawa juga salinannya (foto copy).  Hal ini untuk mengantisipasi jika paspor asli hilang, masih bisa menunjukkan kewarganegaraan pada pihak imigrasi. Jangan lupa simpan salinan paspor di rumah atau keluarga yang terdekat. Jika perlu simpan salinannya di email.

Setelah tiba di negara yang dituju, kabari kedutaan Indonesia. Hal ini penting dilakukan agar jika terjadi sesuatu, pihak pemerintahan bisa dengan mudah melacak dan memastikan keselamatan.

Pahami Nilai Mata Uang Negara Yang Dituju

Sebelum Anda berangkat, pastikan bahwa Anda paham dan mengetahui masalah perbankan. Salah satunya adalah nilai tukar mata uang. Pengetahuan mengenai nilai tukar mata uang menjadi poin penting untuk menghindari Anda kaget atau tertipu saat menukarkan uang.

Jika Anda pengguna kartu kredit, pastikan apakah bank tempat menerbitkan kartu tersebut bisa digunakan di negara yang Anda tuju atau tidak. Yang Paling aman adalah sebelum pergi sudah menukarkan uang ke money changer. Hal ini lebih memudahkan Anda memiliki uang cash negara yang dituju tanpa harus mencari money changer di negara tujuan.

Mencari Informasi Seputar Negara Tujuan

Jangan ceroboh jika akan melakukan traveling ke luar negeri, Anda harus mengetahui tempat yang akan dituju. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, Anda bisa mendapatkan akses informasi dengan mudah. Hanya dengan smartphone saja kamu sudah bisa dapat informasi mengenai negara tujuan, yaitu dengan cara membuka situs-situs tujuan wisata dan mencari tahu tempat mana saja yang asik untuk dikunjungi.

Siapkan Barang-Barang Bawaan

Tips traveling ke luar negeri yang harus diperhatikan terakhir adalah menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Untuk memudahkan bisa buat daftar list barang. Hal ini untuk menghindari barang penting tertinggal. Gunakan tas atau koper yang keamanannya terjamin.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *