List Wajib Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan

Kehadiran sang buah hati di dunia ini membuat semangat baru untuk orangtua. Untuk itu, orangtua akan mempersiapkan peralatan bayi baru lahir mulai dari perlengkapan primer dan pendukung. Beberapa toko bayi ataupun pasar swalayan juga menyediakan berbagai kebutuhan bayi baru lahir. Agar kebutuhan bayi tidak mubazir sebaiknya orangtua membelinya setelah mengetahui jenis kelamin bayinya.

Selain itu, sebaiknya membeli kebutuhan bayi baru lahir secukupnya saja karena pertumbuhan bayi sangat cepat sehingga untuk menghindari pakaian yang tidak akan digunakan.

Bayi yang baru lahir memang masih dalam kondisi beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga orangtua juga harus melindungi bayi dari lingkungan seperti memperhatikan keadaan cuaca atau tanda bayi ketika pup ataupun buang air kecil.

Berikut beberapa peralatan bayi yang orangtua harus penuhi, di antaranya :

  1. Perlak Bayi

Perlengkapan wajib pertama yang harus orangtua miliki adalah perlak bayi. Tentunya ibu tidak pengen kan, setiap hari mencuci seprei dan menjemur kasurnya? So, perlak sangat bermanfaat untuk melindungi air kencing bayi agar tidak terkena ke kasur. Biasanya bayi akan buang air kecil setidaknya 2 jam sekali atau lebih jika cuaca dingin sehingga para ibu harus sering-sering melihat kondisi perlak agar apabila bayi mengompol bisa langsung dikeringkan.

 

  1. Celemek

Celemek untuk bayi yang baru lahir bisa digunakan sebagai pelindung ketika bayi gumoh sehingga ibu tidak mengganti terlalu sering pakaian bayi. Ketika membeli celemek, utamakan membeli celemek yang berbahan lembut dan mudah menyerap air. Orangtua cukup membeli 3-4 celemek. Tak hanya sampai di situ, ketika bayi sudah beranjak beberapa bulan, celemek juga bisa digunakan untuk alas ketika makan.

 

  1. Tempat Tidur Bayi

Beberapa ibu akan memilih menidurkan bayi di sebelahnya, namun juga ada yang menyiapkan tempat tidur untuk bayinya. Ketika akan membeli tempat tidur, 3 hal ini harus orangtua perhatikan yaitu memilih tempat tidur yang leluasa bagi bayi sehingga bayi nyaman menggunakannya,  memilih kasur yang empuk dan rata, dan usahakan agar tidak ada space antara kasur bayi dan ranjang agar tidak terjadi hal yang tidak diingikan seperti tangan atau kaki bayi kecepit di sela-sela tersebut.

 

  1. Kelambu

Satu lagi list peralatan bayi yang wajib ibu beli adalah kelambu, kelambu berguna untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan juga lalat. Ada beberapa jenis kelambu, ada yang portable, yang biasanya digunakan ketika siang hari dan satunya kelambu yang bisa di gunakan untuk ranjang. Untuk pemilihan kelambu sebaiknya belilah kelambu yang mempunyai bingkai kuat agar nantinya tidak roboh apabila terjadi hal yang tidak diingikan. Selain itu, ibu juga harus mengecek, ketika kelambu sudah lama digunakan apakah lubang masih rapat atau ada lubang yang longgar agar nyamuk dan lalat tidak masuk.

 

  1. Gendongan Bayi

Nah, untuk gendonga bayi, sudah banyak jenis gendongan yang tersedia di supermarket ataupun toko online. Kain jarik juga bisa digunakan untuk menggendong bayi juga. Setelah membeli gendongan bayi, sebaiknya ibu juga harus mempelajari cara menggendong bayi untuk bayi yang berusia beberapa minggu dan beberapa bulan karena teknik menggendongnya jelas berbeda.

 

  1. Bak Mandi Bayi

Perlengkapan bayi lainnya yang harus dibeli adalah bak mandi bayi. Sebaiknya ketika membeli bak mandi, pilihlah bak mandi yang ada dudukannya agar ibu dengan mudah mendudukan bayi ketika mandi. Selain itu, pilihlah bak mandi yang berbahan plastik kokoh, tidak terlalu dalam, dan bagian bawahnya merupakan anti slip agar tidak licin ketika digunakan.

 

Untuk rekomendasi belanja perlengkapan lainnya, ibu bisa cek di https://review.bukalapak.com/mom/cermat-belanja-perlengkapan-bayi-dengan-ikuti-5-langkah-ini-36703

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *