Macam-Macam Bakso dan Soto Juga Hadir Tanpa Daging, Ini Dia Resep Soto Tanpa Daging Untuk Vegetarian

Resepmasakandapurarie

 

Menjadi vegetarian merupakan pilihan hidup yang cukup bijak. Memang, terkadang orang-orang menganggap bahwa hidup sebagai seorang vegetarian cukup berat. Kita tak bisa lagi menikmati makanan seperti soto daging atau bakso misalnya. Namun, para vegetarian tentunya memiliki berbagai alasan yang membuat mereka cukup kuat menahan godaan masakan yang berbahan dasar daging. Beberapa alasan mengapa orang memutuskan untuk menjadi vegetarian adalah masalah kesehatan, kasihan terhadap hewan, dan juga aturan agama tertentu yang mereka anut.

 

Namun jangan salah, vegetarian pun masih bisa menikmati bumbu soto daging lho. Tidak percaya? Ya, ada resep soto hingga macam-macam bakso dan makanan berdaging lainnya yang khusus dibuat untuk para vegetarian. Bila Anda adalah vegetarian dan merupakan pencinta soto, resep soto ayam vegetarian wajib Anda coba. Penasaran dengan resepnya? Ini dia:

 

Bahan-bahan kuah soto ayam vegetarian

Kulit jeruk nipis diparut

Bawang merah (empat siung)

Bawang putih (satu siung)

Jahe cincang satu setengah sendok makan

Bubuk kunyit, lada hitam, ketumbar, lengkuas, masing-masing satu sendok teh

Air delapan gelas

Kaldu sayuran atau kaldu tahu secukupnya

 

Bahan untuk isi soto

Kulit tahu setengah mangkok (disuwir-suwir panjang)

Taoge

Bihun

Daun bawang

 

Nah, sudah mempersiapkan bahan-bahannya? Simak cara membuat soto vegetarian di bawah ini:

 

  1. Blender bawang putih, bawang merah, bubuk-bubuk yang telah disiapkan sebelumnya, dan juga parutan jahe hingga halus. Jangan lupa, aduk bumbu-bumbu yang ada agar tercampur sempurna.
  2. Masak bumbu-bumbu campuran tadi dengan minyak di atas api sedang
  3. Tambahkan air sebanyak delapan gelas dan juga kaldu secukupnya.
  4. Setelah itu, masukkan kulit tahu yang telah disuwir-suwir panjang
  5. Tutup panci, biarkan semua bahan itu tercampur dengan sempurna selama 10 menit
  6. Masak taoge dan bihun hingga empuk di panci lain sembari menunggu kuah matang. Setelah itu, campurkan dengan bahan sebelumnya
  7. Sajikan bersama dengan jeruk nipis, kecap, dan juga sambal

Nah, mudah sekali bukan membuat soto tanpa daging untuk vegetarian. Oh ya, bukan hanya untuk para vegetarian, soto tanpa daging ini juga  dapat dinikmati oleh Anda yang tidak menjadikan daging sebagai pantangan makan. Pasalnya, ada banyak manfaat dari semangkuk soto tanpa daging ini. Apa sajakah manfaat itu?

 

  1. Rasanya segar

Terkadang, daging membuat rasa makanan menjadi cukup berat dan dalam kondisi tertentu, menyebabkan begah di perut. Nah, bila Anda sedang lapar tapi malas mengonsumsi makanan yang terlalu berat, soto vegetarian ini bisa menjadi pilihan Anda.

 

  1. Bahan-bahannya mudah dimasak

Bahan-bahan soto tanpa daging amat cepat dimasak dan membutuhkan waktu yang lebih cepat ketimbang soto daging biasa. Pasalnya, berbeda dengan daging, tahu cenderung lebih membutuhkan waktu sedikit untuk matang.

 

  1. Murah

Tentu saja, tanpa adanya daging, bahan-bahan membuat soto ini pun otomatis menjadi lebih murah. Bahkan harga kulit tahu di pasaran pun amat terjangkau.

 

  1. Rendah kalori

Daging merupakan panganan dengan kalori yang cukup tinggi. Nah, penggunaan daging dalam soto memang menyebabkan kalori menjadi naik drastis. Bila Anda ingin makan soto sekaligus berdiet, coba saja resep soto vegetarian yang satu ini

 

  1. Lebih sehat

Konsumsi daging berlebihan tak jarang menyebabkan kolestrol. Itulah alasan mengapa orang dengan kolestrol tinggi harus mengurangi asupan daging dalam keseharian mereka. Nah, menu soto vegetarian bisa jadi alternatiif untuk Anda yang memiliki kadar kolestrol tinggi.

 

Nah, itulah beberapa manfaat soto daging vegetarian bahkan untuk Anda yang bukan merupakan vegetarian.

 


 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *