Makanan Tradisional Jawa Barat yang Wajib Anda Coba!

Indonesia adalah negara besar yang kaya akan budaya. Terdiri dari beribu pulau yang terbentang dari timur sampai ke barat. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional atau makanan khas yang berbeda-beda. Jawa barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ragam aneka makanan khas yang wajib Anda coba.

Makanan Tradisional Jawa Barat yang Wajib Anda Coba!

  • Karedok

Makanan khas Jawa Barat ini sekilas sama persis dengan pecel. Yang membedakan karedok dengan pecel adalah pada bahan utamanya. Sayuran yang dipakai untuk membuat karedok tidak direbus alias sayuran mentah dan segar. Beda dengan pecel yang selalu menggunakan bahan sayuran yang sudah direbus dahulu. Sayuran utama yang dijadikan bahan karedok biasanya terdiri dari kacang panjang, tauge, kol, terong, timun dan daun kemangi. Bumbu yang digunakan nyaris sama, yaitu berhan dasar ulekan kacang tanah.

  • Combro

Combro adalah makanan tradisional yang mudah ditemukan dan berasal dari daerah Jawa barat. Asal kata Combro diambil dari singkatan oncom di jero, yang berarti oncom di dalam. Combro dibuat dari bahan dasar singkong yang sudah diparut halus, kemudian dibentuk bulat atau lonjong dengan memasukan sambal oncom di dalamnya. Cara memasaknya hanya dengan menggorengnya sampai combro terlihat menguning atau kering. Makanan ini akan lebih bergairah lagi jika sambal oncom yang digunakan diberi sedikit cabe rawit dan dimakan ketika masih hangat.

  • Surabi

Buat Anda yang sedang berkunjung ke Bandung atau daerah lain di Jawa Barat, akan sangat rugi kalua tidak mencoba makanan ini. Hampir mirip dengan combro yang berbahan oncom, surabi masih menjadi makanan tradisional yang sering banyak dicari orang. Adonan surabi terbuat dari tepung beras dan bahan lainnya. Dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku tanah liat dengan kayu bakar, membuat surabi memiliki ciri khas yang berbeda dengan makanan lainnya. Namun, dengan perkembangan zaman, surabi yang dulunya berpenampilan polos atau dengan oncom diatasnya. Kini surabi dapat ditemui dengan varian rasa modern, seperti rasa coklat, durian, keju dan lain-lain.

Baca Juga:LIMA MAKANAN KHAS INDONESIA FAVORIT PARA TURIS MANCANEGARA

  • Bandros

Bandros merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Barat yang terbilang enak rasanya. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa bandros adalah kue pukis. Karena adonan bandros biasanya dimasak di atas cetakan yang bentuknya mirip kue pukis.

  • Colenak

Mungkin sebagian orang akan tertawa mendengar kata colenak, karena kata tersebut terdengar lucu. Colenak merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Barat yang pemberian namanya melalu singkatan. Colenak berasal dari kata ‘dicocol enak’. Olahan ini berbahan dasar peuyeum yang dibakar diatas arang dan disirami saus gula merah serta parutan kelapa.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *