Manfaat Luar Biasa Biotin untuk Tubuh dan Kecantikan

Biotin atau vitamin H atau sering disebut vitamin B7 masuk dalam vitamin B Kompleks. Fungsi dari biotin adalah mengubah makanan menjadi energi dengan cara memecah lemak, karbohidrat, dan zat lain dalam tubuh. Ada begitu banyak manfaat dari biotin, terutama untuk kecantikan, antara lain:

Manfaat Luar Biasa Biotin untuk Tubuh dan Kecantikan

Mencegah Kelainan Bawaan pada Janin

Kekurangan biotin dapat meningkatkan risiko kelainan bawaan pada janin. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk memberikan suplemen dan takaran yang tepat selama kehamilan.

Mengontrol Gula Darah

Menurut beberapa penelitian kombinasi antara biotin dan kromium dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Biotin dapat mengoptimalkan kerja insulin yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah. Selain itu biotin dipercaya dapat mengurangi gangguan saraf yang kemungkinan besar di derita oleh pasien diabetes.

Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol baik atau high-debsity lipoprotein ( HDL) merupakan jenis lemak yang baik untuk tubuh dan dapat melawan penyakit jantung koroner. Biotin sendiri diduga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Namun hal ini masih diteliti lebih lanjut.

Memperkuat Kuku

Bagi Anda yang memiliki kuku rapuh akibat kontak terlalu sering dengan bahan kimia seperti dalam kutek, jangan khawatir. Biotin dipercaya dapat memperbaiki kondisi kuku yang rapuh.

Baca Juga : RAGAM KHASIAT DARI PENGGUNAAN MADU UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Mengurangi Rambut Rontok

Kekurangan biotin dapat memicu rambut rontok. Menurut para ahli, dengan mengonsumsi suplemen biotin dan zinc dengan pemakaian krim clobetasol propipnate dapat mengurangi rambut rontok. Namun, hal ini belum terbukti hasilnya untuk produk shampoo yang mengandung biotin.

Dosis Pemakaian

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan perawatan kecantikan dengan biotin, Anda harus memperhatikan dosisnya. Dosis pemakaian biotin yang disarankan adalah sebanyak 30-10 mikrogram untuk satu hari bagi usia 18 tahun ke atas. Namun kasus kekurangan biotin pada tubuh tergolong jarang karena jenis makanan berbiotin cukup mudah ditemukan serta tubuh cenderung mudah untuk memperoleh biotin. Banyak jenis makanan berbiotin misalnya roti, sereal gandum, kacang-kacangan, salmon, ayam, telur, dan susu.

Tetapi gejala kekurangan biotin tetap harus diwaspadai. Misalnya rambut yang semakin menipis, memudarnya warna rambut, ruam pada sekitar mata, hidung, dan mulut. Gejala lain meliputi rasa kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki, depresi, halusinasi dan lain sebagainya. Untuk itu walaupun biotin dapat dengan mudah ditemukan melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari, untuk kondisi kekurangan biotin yang parah dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen. Konsultasikan dosis yang tepat sebelum mengonsumsi suplemen ini terutama bagi wanita hamil dan anak-anak. Selain dosis, sebaiknya Anda juga memperhatikan pengaruhnya terhadap obat-obatan yang Anda konsumsi misalnya obat jenis antibiotik, obat epilesi dan lain sebagainya.

Biotin yang terpenuhi akan membuat tubuh Anda semakin bugar dan kecantikan semakin terpancar. Langkah mudah dalam pemenuhan biotin adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung biotin sebagai nutrisi sehari-hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *