Manfaat Sayuran Hijau Versi Microgreens yang Perlu Anda Ketahui

Anda suka makan sayur mayur? Perlu Anda ketahui sayuran hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, kita terbiasa membeli sayur-sayuran di tukang sayur atau di pasar. Namun, ada baiknya Anda perlu mencoba menanam sendiri sayuran di rumah. Anda bisa melakukannya tanpa perlu lahan yang luas. Ada beberapa jenis sayuran hijau berukuran mini yang bisa Anda tanam di pot kecil ataupun polyback. Metode tersebut disebut microgreens atau micro herb. Berikut beberapa informasi seputar manfaat sayuran hijau versi microgreens yang perlu Anda ketahui, antara lain.

Manfaat Sayuran Hijau Versi Microgreens yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Microgreens

Microgreens merupakan metode penanaman dengan menggunakan bibit sayuran yang dipanen saat masih sangat muda, sekitar 7-14 hari setelah muncul daun muda dan kecambahnya. Salah satu hal yang unik dari jenis sayuran ini adalah memiliki rasa yang lebih menyengat seperti rasa rempah, asam hingga pedas.

Adapun jenis sayur mayur microgreens yaitu bayam, lobak, kemangi, selada air, seledri, daun bawang, brokoli, kembang kol, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jenis kacang, bisa kacang polong dan kacang arab. Perlu Anda ketahui, jika manfaat sayuran microgreens ini selain bisa dikonsumsi juga bisa dijadikan sebagai penghias ruangan. Ukurannya yang minimalis dapat mempercantik penampilan ruangan Anda. Selain itu, Anda juga sudah bisa menjumpai microgreens siap olah di pasar ataupun supermarket terdekat.  

Manfaat Sayuran Microgreens Bagi Kesehatan

Sayuran microgreens dipercaya memiliki kandungan gizi lebih baik dibandingkan sayuran yang dipanen hingga cukup umur. Selain itu, manfaat sayuran microgreens ini juga mudah dicerna dan mengandung enzim yang tinggi. Hal ini dikarenakan sayuran muda masih mengandung vitamin, antioksidan, betakaroten, mineral, nabati, serta protein yang lebih lengkap dibandingkan sayuran dewasa.

Sebagai contoh, kandungan antioksidan polifenol nya mampu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dan juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, manfaat sayuran microgreens ini juga sebagai pengganti sumber makanan nabati yang mampu mencegah penyakit diabetes, jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga kanker. Uniknya, microgreens ini tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri dan tidak dapat tumbuh di media air. Bagian sayuran microgreens yang bisa dikonsumsi hanya sebatas daun dan batang, tidak sampai bagian akar. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Cara Mengolah Microgreens untuk Menu Makan Sehari-hari

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi sayuran microgreens menjadi menu makan sehari hari, antara lain:

  • Menambahkannya sebagai taburan atau pelengkap untuk sup, salad, dan juga omelet.
  • Mencampurnya menjadi jus atau smoothies
  • Memanfaatkannya sebagai hiasan atau garnish di hidangan utama
  • Menambahkannya ke dalam taco, sandwich, dan juga burger.

Jadi, apakah Anda mulai tertarik dengan metode penanaman kekinian ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *