Manfaat Terjun Payung dan Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Olahraga yang Satu Ini

Terjun payung adalah kegiatan yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang menggunakan parasut yang dibentangkan. Berawal dari tahun 1797, Andre Jacques Garnerin lompat dari parasut balon udara panas dan mengikuti pertandingan awal pada tahun 1930an dan menjadi olahraga internasional pada tahun 1951. Terdapat beberapa jumlah jenis olahraga pada kegiatan ini yaitu salto, skysurfing, formasi kanopi, salto tandem, gaya terjun bebas dan terbang bebas. Olahraga ini merupakan salah satu kegiatan ekstrim di alam bebas. Kegiatan ini biasanya disamakan dengan sky diving namun terdapat perbedaannya yaitu sky dibing tidak langsung membuat parasut dan melakukan akrobat terlebih dahulu.

Manfaat Terjun Payung dan Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Olahraga yang Satu Ini  

Berikut adalah manfaat dari kegiatan terjun dari udara diantaranya:

  • Menghilangkan stress, dengan melakukan kegiatan di alam akan memberikan pikiran yang lebih fresh dan menghilangkan berbagai penat.
  • Menimbulkan kegembiraan, melompat dari ketinggian dan jatuh bebas ke bawah akan membuat peserta akan melepaskan berbagai beban dan lebih plong.
  • Melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga kebutuhan darah akan terpenuhi dan hindari melakukannya secara berlebihan.
  • Meningkatkan produksi hormon serotonin, hormon ini untuk mencegah depresi dan meningkatkan mood positif.
  • Memiliki emosi yang lebih terkendali, ditunjang dengan adanya hormon serotonim dan akan mudah terkendalikan.
  • Meningkatkan kebugaran fisik, tubuh yang lentur dan peredaran darah ke otak yang lancar menjadi lebih sehat dan bugar.

Selain beberapa diatas manfaat lainnya adalah menguatkan mental untuk melakukan berbagai olahraga. Mengatasi phobia ketinggian karena kegiatan ini dilakukan dengan ketinggian yang cukup tinggi dan perlahan mengurangi rasa phobia. Meningkatkan rasa percaya diri, membuang racun dalam tubuh, membuat tubuh awet muda, dan menguatkan tulang merupakan manfaat selebihnya. Manfaat terjun payung ini membuat banyak sekali orang yang ingin mencoba olahraga ini. Biasanya jika masih pemula, instruktur akan turut bersama dengan peserta terutama dalam menarik parasut dan mendarat dengan baik. 

Berikut adalah beberapa tempat untuk melakukan kegiatan ini diantaranya:

  • Pulau Setoko di Batam, dengan pemandangan hutan dan laut yang biru dan digunakan untuk latihan prajurit TNI.
  • Megamas di Manado, dengan pemandangan laut dan memiliki spot yang sangat indah dan terlihat lebih menantang.
  • Nusawiru di Jawa Barat dengan laut biru dan hamparan karpet hijau dan memiliki harga yang terjangkau.
  • Gunung Bromo di Jawa Timur dengan trek offroad atau trail adventure dan pemandangan indah terlihat hamparan padang pasir.

Ada juga Danau Lido yang menjadi favorit lokal maupun internasional dengan pemandangan indah danau dan gunung berapi. Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk terjun payung profesional. Dengan mengetahui beberapa tempat ini maka pemula dapat memilih salah satu yang dianggap cocok. Kemudian memulai kegiatan dengan persiapan badan yang fit dan juga kesehatan yang baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *