Masakan Khas Jawa Tengah yang Lezat Ini Wajib Dicoba!

 

Liburan adalah momen paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Ketika pikiran terkuras untuk pekerjaan, berlibur di suatu tempat bersama keluarga tercinta adalah ide paling pas. Ngomong–ngomong soal liburan, rasa–rasanya tidak akan lengkap tanpa merasakan makanan khas yang ada di daerah yang Anda kunjungi. Ya, makanan khas seperti tongseng ayam atau nasi timbel misalnya merupakan hal wajib yang harus Anda cicipi atau Anda beli sebagai buah tangan.

Indonesia adalah negara yang terdiri dari 34 provinsi dan setiap provinsi memiliki ratusan makanan khas. Sebagai orang Indonesia, adalah kewajiban untuk Anda merasakan satu persatu makanan khas di masing–masing daerah. Nah, di sini kami akan menginformasikan tentang beberapa makanan khas di provinsi Jawa Tengah yang sangat populer. Apa saja itu?

1.Serabi Notosuman Surakarta

Surakarta atau yang lebih dikenal Solo adalah salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata. Ada Balaikambang, Taman Jurug, Keraton Solo, Benteng Vatenburg, Alun–Alun Kota, Pasar Klewer, dan lain–lain. Jika Anda pergi ke Solo, memang sangat wajib untuk membeli Serabi Notosuman.

 

Berbeda dengan serabi yang biasanya, Serabi Notosuman adalah serabi yang dibuat dengan cara digulung dan dibungkus dengan daun pisang. dengan tekstur tipis, lembut dan empuk, rasa santannya begitu terasa di mulut. Serabi Notosuman memiliki dua macam rasa. Ada rasa cokelat, ada juga yang original. dengan harga duaribuan saja perbiji, Anda sudah bisa membeli Serabi Notosuman. Selain resep tongseng ayam khas Solo, resep surabi ini adalah suatu hal yang paling banyak disukai oleh orang-orang.

 2.Dumbeg Blora

Setelah dari Solo, kita melancong ke kota kecil yaitu Blora. Biarpun tempat wisatanya tidak sebanyak kota–kota lain, tetapi Blora memiliki sumber daya manusia pencinta seni lho. Sebagian besar masyarakatnya merupakan pemain Ketoprak (teater Jawa).

 

Nah, ternyata selain merupakan kota kesenian, Blora juga memiliki makanan khas yang sangat unik. Namanya Dumbeg. Sekilas, rasa Dumbeg ini seperti jenang merah, tetapi bentuknya lonjong seperti terompet dengan bungkus daun kelapa muda yang sudah diambil lidinya. Menarik bukan?

3.Lumpia Semarang

Jalan–jalan ke Semarang pasti tidak afdol tanpa membeli Lumpia Semarang. Makanan ini ternyata sudah menyebar luas bahkan di daerah–daerah lain. Namun jangan salah, Lumpia di Semarang terkenal lebih enak dengan perpaduan cabai dan acar asam. Harganya pun tidak mahal. Hanya sekitar delapan sampai dua belas ribu persatuannya. Bagaimana, ingin mencoba?

4.Rondo Royal Jepara

Dilihat dari namanya, memang sedikit ekstrem. Dalam bahasa Jawa, Rondo berarti janda dan royal berarti menghambur–hamburkan uang alias foya–foya. Akan tetapi kalau Anda sudah mencicipinya, rasanya akan membuat Anda sejenak lupa pada namanya, sebab rasanya yang nikmat. Rondo Royal adalah makanan khas jepara yang terbuat dari tape yang digoreng bercampur tepung. Hmmm penasaran?

5.Enting–Enting Gepuk Salatiga

Jika Anda mengenal jajanan permen Ting–Ting  yang pernah diiklankan di televise, mungkin Enting–Enting Gepuk Salatiga ini adalah versi tradisionalnya. Ya, Enting–Enting Gepuk terbuat dari kacang tanah yang digepuk alias ditumbuk lalu dicampur gula jawa sebagai penyatu kemudian dipadatkan. Untuk harganya, tentu dibandingkan dengan permen Ting–Ting yang diiklankan di televisi, Enting–Engting Gepuk jauh lebih murah. Apalagi ukurannya juga lebih besar. Nah, makanya kalau Anda sedang main ke Salatiga jangan lupa beli ya.

 

Nah, demikian tadi adalah beberapa makanan khas Jawa Tengah yang perlu Anda coba saat mampir ke sana. Saat berwisata bersama keluarga khususnya. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *