Masakan Tahu Khas Cirebon yang Ga Bikin Bosen

Hallo semua welcome to our website. Kali ini mimin sedang bingung akan menghabiskan weekend di mana? Selain menghabiskan weekend di mana mimin juga ingin coba masakan baru tapi bosan dengan bahan yang itu-itu aja. Jadi gengs di kulkas mimin ada tahu. Mimin sudah sangat bosan dengan tahu goreng. Jadi mimin cari resep lain kira-kira apa ya. *serius searching via browser. Aha! Mimin mendapatkan ide yang sangat brilian. Mimin baru aja menemukan resep untuk membuat tahu gejrot khas Cirebon ada yang mau? Tapi mimin penasaran juga nih gimana sih ceritanya si tahu gejrot ini bisa hadir di Indonesia. Pakar dari tahu gejrot ini pasti mang-mang gejrot yang setia berjualan tahu gejrot di dekat keramaian. Menurut seorang narasumber rupanya resep tahu gejrot ini bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Terbukti banyak dari emang gejrot yang sudah menjual tahu gejrot sejak masa-masa penjajahan. Nama tahu gejrot sendiri diambil dari suara yang dikeluarkan ketika mang gejrot mengeluarkan kuar tahu gejrot dalam botol sehingga menghasilkan suara gejrot! gejrot!. Menurut kisah mang gejrot ini, ia sudah menjual tahu gejrot bahkan ketika harga satu porsi tahu gejrot hanya Rp 200 sedangkan sekarang untuk mendapat satu porsi tahu gejrot harus mengeluarkan Rp 5000 minimal. Sudah lama sekali rasanya emang-emang gejrot ini berjualan.

Selain memiliki sejarah yang mengharukan tahu gejrot juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan loh. Dengan harganya yang murah dan resepnya yang sederhana ternyata makanan ini powerfull sekali ya. Mengutip dari portal Cirebon manfaat dari tahu gejrot antara lain:

  1. Meningkatkan energi

Bahan dasar dari camilan yang satu ini adalah tahu, sedangkan tahu sendiri merupakan makanan yang kaya akan zat besi sehingga mengkonsumsi tahu (bukan hanya tahu gejrot lo ya readers) bisa meningkatkan produksi energi pada tubuh kita. Sehingga tubuh kita tetap fit walau memiliki aktivitas yang padat.

  1. Mencegah osteoporosis

Selain kaya dengan zat besi, tahu juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga dengan mengkonsumsi tahu dengan jumlah yang wajar akan mampu membantu mencegah osteorporosis.

  1. Menurunkan berat badan

Ini dia yang pasti di highlight oleh bunda, teteh, ade, kaka, dan mba-mba sekalian. Rupanya tahu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini akan membuat tubuh kita tidak cepat merasa lapar. Selain itu, tahu merupakan makanan yang rendah kalori juga loh. Jadi tidak perlu khawatir BB naik ya sis.

  1. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang mimi sebut sebelumnya, kalau tahu punya kandungan protein yang tinggi sehingga akan membantu untuk menurunkan kolesterol buruk tanpa mengurangi kolesterol baik dalam tubuh.

Mimin yakin masih banyak lagi manfaat dari resep masakan tahu yang satu ini. Tapi mimin udah laper berat nih. Langsung cus ke resepnya aja hayu!

  • Tahu Sumedang matang 10 buah
  • Kecap Manis 1 sdm
  • Gula Merah 100 gram
  • Air 300 ml
  • Asam Jawa 2 sdt

Bahan yang diuleg kasar:

  • Garam 1 sdt
  • 10 buah Cabe rawit hijau
  • 1 siung Bawang Putih
  • 3 buah Bawang Merah

Langkah pembuatan:

  1. Rebus air sampai mendidih
  2. Masukan gula merah, asam jawa, kecap, dan garam.
  3. Uleg kasar cabe rawit dan bawang merah.
  4. Masukan tahu ke ulegan atau ke wadah lain.
  5. Siram bumbu yang sudah diuleg dengan kuah asam yang sudah matang.

Mudah kan proses pembuatannya tidak memakan waktu lama. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jajanan-jajajanan kekinian. Selain itu, jajanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selamat mencoba! https://review.bukalapak.com/food/dalam-waktu-kilat-resep-tahu-gejrot-ini-sudah-bisa-disantap-27772

Sumber gambar: bukalapak.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *