Masih Galau Karena Bekas Jerawat? Ini Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat adalah salah satu dari sekian banyak penyakit kulit yang seringkali membuat para perempuan kesal. Masalahnya, jerawat seringkali muncul di daerah-daerah wajah yang membuat kamu menjadi kehilangan kepercayaan diri karena keberadaannya. Biasanya, para perempuan berusaha keras untuk menghilangkan jerawat yang membandel di wajah. Berbagai cara perawatan telah ditempuh, menggunakan obat jerawat, masker wajah alami untuk memutihkan wajah, vitamin, dan lain-lain. Ketika jerawat sudah hilang, ada satu masalah baru, yaitu bingung bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

Kemunculan jerawat biasanya tidak sendiri, munculnya jerawat sering diikuti dengan munculnya bintik-bintik hitam ataupun komedo. Meskipun jerawat sudah hilang, biasanya noda hitam bekas jerawat tetap ada dan cukup sulit untuk dihilangkan. Bagaimana cara menghilangkannya? Yuk kita lihat jawabannya berikut ini.

  1. Bersihkan bekas jerawat dengan scrub

Sebelum kita bahas lebih lanjut cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah, kamu harus sadar dan tahu terlebih dahulu bahwa noda hitam bekas jerawat bukanlah bekas luka. Terkadang ada di antara kamu yang keliru dan menganggap bahwa noda hitam bekas jerawat adalah bekas luka yang tidak bisa dihilangkan.

Perlu diketahui bahwa kebiasaan kamu memencet jerawat yang ada di wajah adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan sekarang juga. Karena biasanya, noda hitam bekas jerawat itu muncul karena kamu sering menekan-nekan jerawat kamu saat masih menonjol. Jadi hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang ya.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat adalah menggunakan membersihkan area noda hitam tersebut dengan scrub. Carilah scrub yang mengandung butiran decahydrate natrium. Kandungan butiran decahydrate natrium dipercaya mampu membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara bertahap. Rutinlah melakukannya. Penggunaan scrub yang mengandung butiran decahydrate natrium secara rutin dipercaya mampu menghilangkan noda hitam lebih cepat.

  1. Gunakan krim atau gel khusus

Dalam konteks penggunaan krim atau gel ini, kamu harus mengonsultasikannya dengan dokter kepercayaan kamu. Sebab krim dan gel ini merupakan obat. Jika telah berkonsultasi pada dokter, biasanya dokter akan memberikan resep krim atau gel yan mengandung hydroquinone. Kandungan hydroquinone ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda hitam yang ada di wajah kamu. Perlu kamu ketahui, penggunaan krim dan gel yang mengandung hydroquinone dengan dosis yang lebih tinggi dipercaya mampu membersihkan noda hitam bekas jerawat lebih cepat. Jadi buat kamu yang sudah tahan melihat noda-noda hitam bekas jerawat yang membandel di wajah silakan mintalah dosis yang lebih tinggi kepada dokter. Tentunya disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu juga ya.

  1. Gunakan sunscreen

Menggunakan sunscreen adalah salah satu cara yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan noda hitam yang membandel di wajah kamu. Pilihlah sunscreen yang mengandung SPF 30 ketika keluar rumah. Sebetulnya sunscreen lebih efektif digunakan sebagai pencegahan. Sunscreen berguna untuk mencegah flek hitam menjadi lebih gelap lagi dan juga melindungi kulit sensitif karena pemakaian hydroquinone. Satu lagi yang patut diingat, jangan sampai kamu memencet jerawat di wajah kamu, karena hal tersebut justru akan memperburuk keadaan dan malah membuat noda yang membandel di wajahmu menjadi semakin sulit hilang.

Nah, demikianlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang membandel di wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan masker pemutih untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat, lho.

Mau tahu masker seperti apa yang bisa kamu pilih? Baca selengkapnya di sini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *