Mau Jual Motor RX King? Mending Simak Sejarah Motor Legend Ini Dulu!

Kali ini kita akan membahas satu motor yang punya banyak julukan, dari raja jalanan, jet darat, sampai motor jambret. Kenapa ini motor dinamai motor jambret? Karena pada eranya dulu, ini motor larinya kenceng bener cuy. Sering dipake sama jambret tapi ga keuber cuy. Nah, udah taukan motornya apa? Ya, namanya adalah RX King “The King of The Road” atau raja jalanan. Ga bisa dimungkiri kalau Yamaha RX King memiliki stigma negatif di masyarakat, terutama ibu-ibu. Bisa disebut motor jambret. Motor ini juga dikenal punya suara yang berisik, apalagi kalau motornya ga standar, buseeet!! Kayak udah main petasan aja!

Bagi para pecinta otomotif, siapa sih yang ga kenal sama RX King. Suka ataupun ngga suka pasti pernah denger namanya, atau liat bentuknya, atau juga pernah denger suaranya di jalan. Saat ini, RX king telah naik daun lagi dan harganya melambung tinggi. Oke, ngomongin motor 2 Tak ini, ga afdal rasanya kalo ga kilas balik dulu ke belakang. RX King sudah merajai jalanan Indonesia dari zaman orde baru sampai zaman reformasi. RX King merupakan transformasi dari RX K 135 yang diproduksi tahun 1980. Namun, kurang diminati pangsa pasar Indonesia sehingga berhenti produksi di tahun 1983. Kemudian, munculah RX King pertama, yaitu RX King Cobra tahun 1983. Namun,  RX King Cobra ini ga sembarangan muncul di Indonesia. Tim Yamaha sebelumnya melakukan riset ke daerah-daerah di Indonesia, dan hasilnya masyarakat Indonesia menginginkan motor sport yang tangguh, kencang, irit, dan bertenaga. Waduh, paket komplet banget yak kayak di restoran.

Motor ini memiliki kode mesin Y1 dan Y2 yang mana merupakan mesin rakitan Jepang. Generasi berikutnya adalah RX King Master Y1-74 yang merupakan produksi Pulogadung. Jadi, mesinnya sudah ga diproduksi di Jepang langsung nih. Lanjut ke generasi ketiga yang biasa disebut New RX King 2002 yang dimulai tahun 2002. RX King generasi terakhir ini sudah memenuhi standar Euro yang berimbas pada sektor buang bahan bakar yang lebih ramah lingkungan karena tidak mempunyai asap sebanyak pendahulunya, yang mirip fogging di kampung-kampung. Pada generasi ini, knalpot dilengkapi Katalik Converter, inilah sebabnya motor ini lebih ramah lingkungan. Selain itu,  desain motor RX King ini semakin modern dengan lampu bulat seperti motor pendahulunya, Yamaha RX 100. Bisa dibilang sih lebih modern headlamp-nya, mirip dengan Vixion lama. Namun, perjalanan RX King berhenti di tahun 2008 karena peraturan emisi gas buang yang semakin diperketat.

Sekarang, yang mau kita bahas adalah RX King Master. Motor ini dulu sering diomongin banget, yah sekitar tahun 95an. RX King Master merupakan lanjutan dari RX King Cobra. Pada tahun 1995, RX King Master dipasarkan dengan perbedaan yang tidak terlalu jauh dengan RX King Cobra. Karena memang dari generasi RX King Cobra tuh sudah mumpuni banget. Perbedaan pada tampilan luar memang ga signifikan, bedanya RX King Master punya tampilan yang lebih modern di era 95-an. Stiker Tanki berdesain sederhana, Footstep boncengan terpisah, desain bak kopling, dan magnet sama dengan RX King Cobra. RX King Master ini memiliki lampu berbentuk kotak dan speedometer-nya juga kotak.

Untuk suspensi depan, RX King Master ini memiliki suspensi teleskopik, sedangkan suspense belakang ia memiliki suspensi swing arm. RX King juga punya ukuran ban depan dan belakang sebesar 18”. Nah, untuk rem, bagian depan sudah cakram tapi yang belakang masih belum. Lanjut ke tankinya, ia mampu menampung 9,5 liter bahan bakar. Berat kosongnya motor ini motor ini 100 kg. Sistem starter-nya masih menggunakan kick starter atau biasa dibilang engkol, belum electric starter. Jadi, masih pake tenaga kaki lah dikit, biar betisnya berotot, sedangkan jarak sumbu rodanya 1245 milimeter dan tinggi tempat duduknya 770 milimeter. Untuk soal mesin, beda dengan RX King Cobra, RX King Master berkode mesin Y174 yang merupakan rakitan Indonesia, tepatnya di Pulogadung. Makanya sering dibilang kodenya YP alias Yamaha Pulogadung. Motor ini bermesin silinder 2 Tak 135 CC mempunyai 5 gigi dan mempunyai pendingin udara. Sistem pengapiannya CDI dan mempunyai tenaga 18,5 Ps di RPM 9.000.

Oke segitu aja pembahasan tentang RX King, Jadi, apakah kamu masih yakin buat ngejual motor RX King kamu?

Sumber Gambar: duckduckgo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *