Memulai Bisnis Online Dari Dini

Bagi sebagian orang menjadi pebisnis ataupun pengusaha adalah cita-cita. Tidak dipungkiri cita-cita tersebut menjadi terbuka semenjak adanya internet. Seseorang yang tidak mengerti bisnis pun belajar otodidak cara memulai Bisnis Online melalui buku dan internet.

Faktanya dengan pengguna internet Indonesia yang mencapai 88,1 Jiwa pada 2015, ini angka yang sangat besar, terlebih saat ini sudah memasuki tahun 2018. Sudah bisa dipastikan bahwa pengguna internet akan meningkatdrastis setiap tahunnya. Dan menurut data di rwpbsd.com rata-rata pengguna internet menghabiskan waktunya 75% di sosial media. Ini membuka peluang bisnis bagi pengguna sosmed.

Untuk bisnis jenis ini sendiri memang tidak terbatas oleh geografis, modal, dan waktu. Siapa saja bisa memulai Bisnis Online dari sekarang, dengan syarat mudah menguasai sosial medai dan memiliki produk dan jasa yang ingin ditawarkan. Bahkan di Instagram ada yang menawarkan jasa untuk menjadi Tour Guide di kota mereka. Apapun bisa menjadi bisnis pada zaman sekarang, dan untuk memulainya tentu bukan hal sulit.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan apabila meulai bisnis jenis ini ialah tersedianya jaringan internet yang baik didaerah kamu. Ini sudah tidak menjadi masalah karena developer penyedia jaringan juga sudah menawarkan jaringan 4G dimana-mana. Lalu apa saja yang dipersipakan untuk memulainya, berikut beberapa hal yang kami ulas:

Pilih Jenis Usaha

Baik secara Offline pun jenis usaha yang kamu lakukan juga harus jelas. Di online pun demikian kamu bisa memulai bisnis semisal menjual kaos Mobile Legend, atau makanan kekinian, menawarkan jasa tertentu seperti Fotografer dan lainnya. untuk itu tentukan jenis usaha apa yang ingin kamu mulai di sosial media.

Pilih Nama Brand/slogan yang mudah diingat

Ini penting buat kamu yang ingin memiliki produk terkenal, bagaiman produk mau terkenal jika nama produk dan slogannya sulit untuk diingat. Beberapa contoh mudah ialah produk berbahasa Zimbabwe di pasarkan di Indonesia. Memang untuk pertama kali orang tau dan merasa unik tetapi untuk waktu lama produk ini akan terlupakan.

Segmen Pasar

Pada bagian ini cukup menyita waktu karena kamu harus melakukan promosi secara total agar mendapatkan pasar yang diinginkan. Harus selalu promosi melalui grup media sosial, menyiapkan caption produk kamu, hingga membuat produk kamu terkenal dan memiliki segmen pasar yang terbuka.

Bekerja sama dengan pebisnis lain

Hal ini memang jarang dilakukan tetapi sangat efekti, kamu bisa melakukan kerjasam dengan pihak lain. Semisal jika kamu memiliki produk makanan kamu bisa menggunakan jasa Fotografer Food untuk mempromosikan secara tidak langsung. Selain itu produk kamu juga bakal memiliki tampilan kece di media sosial.

Bersabar

Setelah semua tahap terlewati, hal yang tak kalah penting ialah bersabar. Tenang, proses gak akan mengkhianati hasil kok. Setelah berusaha dan berdoa, kita cukup bersabar dan menanti hasil kerja kerasa selama ini. memang kadang gagal, tapi tetap sabar, apapun tentu perlu resiko.

Setelah memulai Bisnis Online kamu juga harus menyediakan waktu untuk teman-temanmu yakni konsumen setia. Hal ini penting jika ada pelanggan untuk produkmu jangan bikin mereka kecewa, bikin mereka selalu ingat produk kamu dan tau produk kamu berkualitas. Setelahnya mari jalani hidup sebagai pebisnis kekinian ditahun 2018 dengan Bisnis Online dari dini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *