Mendapatkan Manfaat Jogging Secara Optimal

Tubuh menjadi aktif bergerak adalah salah satu efek positif dari kegiatan jogging. Aktivitas bergerak ini pada akhirnya akan membantu melancarkan sirkulasi darah yang menuju ke jantung. Melakukan jogging secara rutin dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh, seperti buang air besar secara teratur sebagai proses metabolism tubuh. Efek positif lain dari aktivitas jogging ini adalah mampu membakar lemak dan kalori dalam tubuh sebagai langkah diet yang sehat.  Dalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat jogging yang harus Anda diketahui.

Mendapatkan Manfaat Jogging Secara Optimal

Mengurangi risiko hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi

Penyakit sistem metabolism tubuh dapat dihindari secara signifikan ketika kadar metabolic equivalent hours per dat (METh/d) mencapai 1.1-1.8, yakni dengan kegiatan berjalan atau berlari. Selain itu, pada penelitian yang dilakukan oleh Willian di tahun 2013 menyimpulkan bahwa mereka yang rutin lari pagi memiliki risiko lebih rendah mengidap diabetes, hipertensi, dan dyslipidemia dibandingkan yang tidak.

Mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler

Pada tahun 2014, Lee melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa manfaat jogging dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Dosis waktu lari yang cukup (5-10 menit/hari) dan dilakukan dengan kecepatan standar atau rendah (6 mph atau 9.6 kilometer/jam) sudah dapat menekan risiko penyakit kardiovaskuler secara signifikan.

Mudah dan murah

Sekarang ini Anda dapat melakukan jogging dengan mudah menggunakan bantuan gadget. Anda cukup memiliki sepasang sepatu jogging dan bisa segera memulai berlari. Hal ini membuat Anda dengan mudah menjaga rutinitas jogging, karena dapat dilakukan dimana pun dengan bermodalkan sepatu jogging.  Dengan begitu, jogging merupakan solusi paling mudah dan murah untuk berolahraga.

Menambah banyak teman melalui komunitas jogging

Mengikuti komunitas lari adalah salah satu solusi untuk Anda dapat saling bertukar pikiran dan berkenalan dengan banyak teman. Saat ini sudah banyak komunitas karu yang ada di Indonesia, salah satunya yang paling besar adalah Indon Runners. Selain itu, Anda pasti akan mendapatkan banyak dukungan dari teman-teman yang lebih senior soal jogging. Komunitas lari pun tidak hanya berpusat di Jakarta, Surabaya dan Malang pun juga mempunyai komunitas lari masing-masing.

Membuat Anda jauh lebih bahagia

Dalam hal ini ada istilah Runner’s high yang berarti sebuah perasaan subjektif berupa rasa senang, damai, energi yang tak terbatas, dan berkurangnya rasa nyeri. Hal ini dipicu karena adanya peningkatan endocannabinoid ketika kita berolahraga termasuk olahraga jogging. Bahkan pada tahun 2004 diadakan sebuah penelitian oleh Dietrich yang dilakukan kepada partisipan laki-laki yang berolahraga jogging di treadmill menggunakan sepeda statis. Pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan endocannabinoid. Aktivasi tersebut mengurangi sensasi rasa nyeri, dan mempengaruhi emosi seseorang yang berpengaruh pada efek psikologi pada saat berolahraga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *