Menelusuri Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

Manusia adalah makhluk social yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sehingga, dibutuhkan komunikasi yang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia, baik itu komunikasi dari segi keterampilan maupun pengetahuan. Perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang dari masa ke masa, hal ini tentunya membawa dampak positif dan juga negatif. Adapun sejarah teknologi komunikasi terbagi menjadi tiga yaitu:

Menelusuri Perkembangan Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

 

  • Masa prasejarah

 

Pada masa prasejarah, manusia sudah melakukan interaksi antar sesame yang juga disebut sebagai komunikasi. Manusia mulai menemukan cara berkomunikasi melalui gambar kala itu. Dengan adanya komunikasi melalui gambar tersebut, informasi mengenai bukti sejarah di masa lampau dapat diketahui. Sebagai contoh, banyak ditemukan gambar-gambar di dinding gua yang menceritakan tentang suatu peristiwa.

 

  • Masa sejarah

 

Pada masa ini, China adalah negara yang pertama kali menemukan kertas. Sejak kertas ditemukan, manusia beralih metode komunikasi yang sebelumnya menggambar di batu menjadi menulis di kertas. Setelah terjadi penemuan ini, nantinya akan muncul teknologi percetakan berbahan dasar kayu.

 

  • Masa Modern

 

Pada masa modern, masa dimana sudah mengenal adanya teknologi yang canggih seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi yang semakin maju, mampu membawa perubahan pada aspek komunikasi manusia seperti sudah ditemukannya gelombang radio serta alat komunikasi radio, smartphone, computer, laptop, dan lain sebagainya.

Di masa modern, banyak alat teknologi komunikasi yang diciptakan, beberapa diantaranya yaitu:

  • Telegraf dan Kode Morse, pada tahun 1837 M, Samuel Morse dan dua temannya, Sir William Cook dan Charles Wheatstone berhasil menemukannya.
  • Telepon, teknologi yang satu ini ditemukan pertama kali oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1877.
  • Fotografi, alat ini ditemukan oleh Edward Maybridge di tahun 1877 M
  • Jaringan komputer, awal mulanya jaringan komputer digunakan oleh pihak militer dalam mengendalikan sistem pengeboman dan peluncuran kendali jarak jauh. Jaringan komputer pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat dengan kecepatan 50 Kbps di tahun 1969 M.

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Indonesia juga mengalami perkembangan pesat dari segi teknologi komunikasi. Meskipun sedikit terlambat dari negara-negara besar lainnya di dunia, namun Indonesia mampu mengimbanginya. Pertama kali Indonesia meluncurkan Satelit Palapa pada tahun 1972. Satelit ini menjadi bukti sejarah berkembang pesatnya arus informasi dan komunikasi di Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia berkomunikasi dengan alat-alat komunikasi tradisional seperti kentongan. Alat-alat komunikasi tradisional tersebut masih kerap dijumpai di daerah pedalaman atau pedesaan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, pada awal tahun 90-an handphone mulai masuk ke Indonesia. Kala itu brand Nokia masih menjadi handphone idola masyarakat Indonesia.

Pada tahun 1993, Indonesia mulai mengenal yang namanya internet berkat pionir perubahan dan kemajuan internet dari Universitas Indonesia dengan Fakultas Ilmu Komputer nya. Hingga tahun-tahun berikutnya, perkembangan teknologi internet di Indonesia semakin mengalami kemajuan dan memberi dampak positif maupun negated dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *