Mengenal Berbagai Jenis Kuliner Jogja yang Bisa Anda Cicipi

Jogjakarta merupakan salah satu propinsi di Indonesia, yang letaknya berdekatan dengan wilayah Jawa Tengah, dimana kota ini selain dikenal sebagai kota pelajar, juga dikenal memiliki berbagai destinasi wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu kuliner yang disajikan dan menjadi ciri khas masakan asli daerah budaya ini, juga selalu menarik untuk dinikmati ketika kita berkunjung ke wilayah budaya yang satu ini. Bagi Anda yang memang sedang merencanakan perjalanan di liburan panjang kali ini, tak ada salahnya jika Anda menjadikan propinsi khusus ini sebagai destinasi wisata Anda bersama dengan keluarga dan nikmatilah berbagai kuliner Jogja yang kini telah dikenal meluas oleh masyarakat Indonesia.

 Mengenal Berbagai Jenis Kuliner Jogja yang Bisa Anda Cicipi

Gudeg merupakan salah satu kuliner yang dikenal sebagai ciri khas dari daerah wisata ini. Makanan yang dibuat dari bahan dasar buah nangka muda dan diolah menggunakan gula jawa ini, memiliki citarasa yang manis dan gurih, dimana penambahan santan dari olahan masakan lainnya akan menambah rasa gurih dalam sajian yang satu ini. Gudeg sendiri biasanya disajikan dengan menggunakan nasi dengan perpaduan sayur lainnya seperti sambal goreng dan kuah opor, dengan bahan garnish yang biasanya berupa telur coklat dan suwiran daging ayam.

Kuliner Jogja lainnya, yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam berburu makanan ketika berada didaerah wisata tersebut, antara lain adalah:

  • Bakpia patok, merupakan makanan kecil yang menjadi ciri khas oleh-oleh dari daerah Istimewa yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan tepung terigu yang diolah sedemikian rupa dengan bahan isian yang beraneka macam seperti kacang hijau, coklat bahkan durian pun juga kini banyak dijadikan sebagai bahan isian kuliner yang satu ini.
  • Mangut lele, sajian ini merupakan masakan bersantan dengan rasa pedas, dimana ikan lele menjadi bahan isian utama dalam pembuatan masakan tersebut. sebelum diolah dengan diberikan bumbu pedas bersantan, ikan lele akan terlebih dahulu dibakar menggunakan daun kelapa untuk dapat menciptakan rasa nikmat dan gurih dalam ikan tersebut. salah satu masakan mangut lele paling terkenal di Jogja adalah mangut lele dari Mbah Marto.

Selain makanan tersebut diatas, tentunya Anda juga akan menemukan banyak makanan kecil yang dapat Anda jadikan sebagai bahan oleh-oleh untuk sanak family dirumah. Makanan kecil yang menjadi ciri khas kota Jogjakarta antara lain adalah enting-enting gepuk, aneka gethuk, gethuk goreng dan ampyang gula jawa. Dimana berbagai makanan ringan ini biasanya akan banyak disajikan oleh berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Jogjakarta. Cukup mudah bukan, jadi tunggu apalagi segera rencanakan liburanmu dan nikmati kuliner Jogja yang mempesona.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *