Mengenal Lebih Dekat Mengenai Ciri Ciri Leukimia atau Kanker Darah!

Pada kondisi normal, sel darah putih akan berkembang secara teratur saat tubuh membutuhkannya. Namun bagi pengidap Kanker darah atau leukemia, penyebab penyakit leukemia adalah sel darah putih yang tidak dapat berfungsi dengan baik, dan diproduksi secara berlebihan. Hal tersebut mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat lebih sedikit. Selain itu, sel darah yang abnormal tersebut akan menyebar ke organ lain, dan merusak tubuh dari dalam.

Jenis-jenis Kanker Darah

Ada dua jenis kanker darah, yaitu akut dan kronis. Pengelompokan ini berdasarkan kecepatan perkembangannya. Kanker darah akut berkembang lebih cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak ditangani dengan segera, kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi menurun dan tubuh akan kekurangan oksigen.

Kanker darah kronis berkembang dalam jangka panjang. Sel-sel darah putih tidak beregenasi dengan baik sehingga menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait. Gejala atau ciri ciri leukimia cenderung tidak terlihat karena sel darah ini bisa berfungsi baik untuk beberapa saat.

Penyebab paling utama dari kanker darah sebenarnya belum diketahui secara pasti. Tetapi diduga karena mutasi DNA dalam sel darah putih menyebebakan perubahan tindakan setiap sel. Selain itu juga diperkirakan ada faktor gen dan lingkungan yang dapat memicu leukemia.

Faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena  kanker darah adalah faktor genetika, keturunan, pernah menjalanin kemoterapi, pernah terpapar radiasi, merokok, dan lainnya. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap leukemia, maka Anda harus berhati-hati bisa jadi akan menerima penyakit yang sama. Namun ternyata banyak juga yang tidak mengalami hal tersebut, tetapi ternyata terkena kanker darah.

Pengobatan Kanker Darah

Jika ditemukan hasil tes positif kanker darah, maka dokter akan mendiskusikan beberapa langkah yang akan diambil agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Penanganan dari pihak dokter akan berbeda-beda berdasarkan kondisi kanker, usia, kondisi kesehatan, dan jenis kanker darah. Dokter akan melakukan beberapa metode pengobatan yang umumnya dianjurkan untuk menangani kanker darah, seperti kemoterapi, radioterapi, transplantasi dan lainnya.

Untuk pilihan metode Kemoterapi, cara ini merupakan terapi paling umum untuk kasus leukimia. Pengobatan kemoterapi dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker darah dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Radioterapi mempunyai tujuan yang sama dengan kemoterapi. Namun metode ini menggunakan teknik pengobatan dengan memanfaatkan menggunakan sinar X untuk menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker.  Radioterapi juga dilakukan guna persiapan melakukan transplantasi sel induk. Salah satu metode terkini dalam menangani kanker, khususnya kanker darah.

Cara lain adalah dengan melakukan transplantasi sel induk atau stem cell untuk menggantikan yang sudah rusak dari sumsum tulang. Cara ini diharapkan bisa mengurangi kematian akibat dari kanker darah. Anda bisa memilih untuk mengambil dari tubuh sendri atau tubuh orang lain yang akan dikenal sebagai pendonor bagi untuk digunakan sebagai Sel-sel induk yang nantinya akan ditransplatasi. Walaupun demikian, Kemoterapi atau radioterapi akan dilakukan guna persiapan persiapan sebelum menjalani prosedur transplantasi ini. Metode ini terfokus pada bagian-bagian rentan dari sel kantor.

Ada juga terapi biologis yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan menyerang sel-sel kanker. Untuk mendapatkan hasil yang aktual, dalam kasus ini, harus dilakukan pengamatan secara seksama untuk melihat perkembangan penyakit.

Demikian artikel ulasan soal kanker darah dari kami. Untuk ciri ciri leukimia lebih lanjut, ibu bisa klik tautan berikut ini ya! https://review.bukalapak.com/mom/hindari-leukimia-pada-anak-dengan-hidup-sehat-dan-ketahui-5-faktor-penyebabnya-40438

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *