Mengenal Macam Macam Ukuran Foto

Macam macam ukuran foto adalah hal yang harus diketahui terutama bagi kalian yang hobi foto atau bekerja di studio foto. Melihat fenomena saat ini, mengabadikan gambar terbilang sebagai suatu kegiatan yang yang mutlak dilakukan oleh setiap orang. Apalagi dengan semakin banyaknya peralatan yang tersedia buat mengambil gambar, mulai dari kamera saku, telepon genggam sampai dengan kamera dslr yang profesional.

Semuanya akan mempermudah anda dalam memotret suatu objek atau peristiwa yang anda jalani. Tidak cukup itu saja, soft file yang tersedia juga dapat dicetak ke dalam Macam macam ukuran foto sesuai kebutuhan yang anda inginkan. Contohnya buat pembuatan cv atau keperluan surat lamaran kerja dan juga keperluan pendidikan.

Berikut Beberapa Macam Ukuran Foto

1. Ukuran Foto 3×4

 

Ukuran 3×4 di foto biasanya termasuk pas foto dan dipakai buat kepentingan aneka macam dokumen resmi. Di antaranya adalah CV buat melamar suatu pekerjaan dan kepentingan surat menyurat lainnya. Tidak sedikit seseorang akan menyimpan banyak ukuran foto ini di dalam dompetnya untuk kebutuhan sewaktu-waktu di waktu yang mendadak.

2. Ukuran Foto 3R

 

Foto ukuran 3R biasanya adalah sebesar kartu pos. Dalam satuan milimeter, ukurannya ialah 89 x 127 mm, dan dalam satuan sentimeter ukurannya 8.9 x 12.7 cm. Jika anda mencetak foto dengan ukuran 3R maka gambarnya setidaknya harus berukuran 1051 x 1500 pixel. Hal tersebut bertujuan supaya hasil gambar semakin bagus dan tidak pecah. Foto 3R bisa dipajang memakai frame yang sesuai ukuran 3R.

3. Ukuran Foto 4R

 

Foto ukuran 4R akan lebih besar bentuknya jika dibandingkan dengan ukuran 3R. Dalam satuan milimeter yaitu ukurannya ialah 102 x 152 mm, dalam satuan sentimeter maka ukurannya adalah 10.2 x 15.2 cm dan dalam satuan inchi jenis aukurannya adalah 4 x 6 inchi. Kalian dapat mencetak foto ukuran 4R dan menaruhnya dalam frame foto khusus yang berukuran 4R. Ukuran ini juga terbilang sangat populer buat dicetak dan dibingkai.

4. Ukuran Foto 5R

 

Ukuran foto 5R kalau dalam satuan milimeter ialah 127 x 178 mm, jika dalam satuan sentimeter maka 12.7 x 17.8 cm dan kalau satuan inchi ialah  5 x 7 inchi. Cetak foto ukuran 5R sebaiknya dengan gambar berukuran setidaknya adalah 1500 x 2102 piksel. Agar gambar tidak mengalami pecah dan kualitasnya tetap berkualitas. Foto ukuran 5R memang sering dicetak buat dipajang pada bingkai foto di rumah.

5. Ukuran Foto 10R

 

Foto yang berukuran 10R kalau satuan milimeter ialah 254 x 305 mm, jika satuan sentimeter ialah 25.4 x 30.5 cm dan jika satuan inchi yaitu 10 x 12 inchi. Proses pencetakan foto ukuran 10R plus ini setidaknya gambarnya memiliki ukuran 3000 x 4500 piksel dan kalau ukuran 10R kurang lebih sekitar 3000 x 3602 piksel. Supaya gambar yang dicetak tersebut tetap terlihat jelas dan berkualitas tinggi.

Agar anda bisa mendapatkan ukuran foto yang sesuai dan pas waktu dicetak, maka anda bisa melakukan proses editing agar bisa menyesuaikan. Ukuran dari foto tersebut bisa diubah, bahkan juga bisa kompres foto jpg sesuai keinginan.

Itulah beberapa macam ukuran foto yang harus anda ketahui dan fahami agar anda bisa memanfaatkan foto tersebut sesuai dengan keinginan anda dan jika pengen menyesuaikan ukurannya maka anda bisa kompres foto tersebut. Jika masih bingung kalian bisa membuka link di bawah ini sebagai tambahan referensi.

https://review.bukalapak.com/gadget/cara-compress-foto-untuk-pengguna-mac-7824

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *