Mengenal Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak etnis, suku, dan kepercayaan, memiliki beragam tradisi unik yang berbeda-beda tiap daerah. Hampir setiap wilayah memiliki cara sendiri untuk memikat pengunjung dengan tradisi yang memang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Tradisi apa saja itu? Simak penjelasannya berikut.

Mengenal Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Pemakaman Minahasa

Ritual pemakaman yang terjadi di Minahasa bisa di bilang unik dan beda dari ritual biasanya. Suku Minahasa memiliki tradisi menguburkan jenazah dalam posisi duduk memeluk kaki, bukan dengan posisi tidur. Menurut kepercayaan, tradisi ini melambangkan keadaan suci dan membawa kebaikan. Selain dalam posisi duduk, posisi mayat harus menghadap utara.

Bakar Tongkang Riau

Di daerah Riau, khususnya yang menetap di Bagansiapi-api, diketahui selalu mengadakan ritual bakar tongkak pada setiap bulan Juli. Tradisi ini dilakukan oleh etnis Tionghoa yang menetap di daerah tersebut. Menurut kepercayaan, ritual ini sudah dilakukan oleh leluhur dengan tujuan bertekad untuk tidak kembali ke tempat asal. Ada juga yang memaknai ritual ini sebagai upacara peringatan dewa laut Ki Ong Ya dan Tai Su Ong yang digambarkan sebagai dewa dua sisi.

Ritual Tiwah Kalimantan Tengah

Upacara Tiwah ini terbilang unik dan sekaligus ekstrim. Pasalnya, tradisi ini dilakukan dengan membakar jenazah yang telah meninggal lama. Suku Dayak sebagai pelaksana tradisi percaya bahwa pengantaran tulang orang yang sudah meninggal dapat meluruskan perjalanannya ke surga. Saat upacara berlangsung, aka nada tarian serta acara-acara pertunjukan untuk menghilangkan rasa kantuk orang yang datang.

Tradisi Potong Jari Papua

Tradisi unik ini juga ekstrim dan kebanyakan sudah ditinggalkan oleh Suku Dani. Suku yang mendiami wilayah pedalaman Papua ini sebelumnya percaya bahwa jari manusia menjadi simbol kerukunan, keberagaman, dan kekuatan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga. Potong jari menjadi lambang untuk menunjukkan kesedihan karena ditinggal oleh anggota keluarga.

Dugderan Semarang

Di Kota Semarang, setiap menjelang bulan Ramadhan, masyarakat akan ramai mengikuti acara dugderan. Tradisi ini sudah ada sejak dahulu sebagai penanda bahwa puasa telah datang. Yang menjadi ciri khasnya adalah bintang rekaan yang bertubuh kambing, berkepala naga serta memiliki kulit sisik emas.

Brobosan Jawa

Tradisi yang satu ini banyak dilakukan hampir di setiap wilayah Suku Jawa. Brobosan memiliki arti menerobos yang dilakukan ketika upacara kematian. Sebelum jenazah dibawa ke pemakaman, biasanya para keluarga terdekat melakukan tradisi brobosan. Hal ini dipercaya agar keluarga yang ditinggal melupakan kesedihan dan menjadi bentuk penghormatan terakhir kepada mendiang.

Gigi Runcing Suku mentawai

Cantik memiliki definisi yang berbeda-beda di berbagai tempat. Begitu juga yang terjadi di Suku Mentawai. Para wanita di sana memiliki kriteria unik untuk bisa dibilang cantik. Yang pertama adalah telingan panjang, kemudian tubuh yang dihiasi titik atau tato, dan yang terakhir adalah gigi yang runcing. Tradisi gigi runcing ini diyakini akan menambah kecantikan sang wanita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *