Mengetahui Cara Kerja Suatu Asuransi Rumah

Secara sederhana, Asuransi (polis Isurance) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana produk yang ditawarkan berupa perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial). Apabila nanti terjadi kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga pada pemilik asuransi seperti kehilangan, kerusakan, sakit atau bahkan kematian, si pemilik akan mendapatkan penggantian dari pihak perusahaan asuransi yang digunakan. Salah satu jenis asuransi yang cukup penting adalah asuransi rumah.

Mengetahui Cara Kerja Suatu Asuransi Rumah

Apa itu Asuransi Rumah?

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat terjadinya kebakaran, kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam, ataupun tindak pencurian. Seseorang yang memiliki asuransi ini maka segala risiko kerugian yang muncul akibat hal-hal tersebut akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Anda pun bisa merasa nyaman karena asset Anda memiliki perlindungan maksimal. Asuransi ini menjadi penting, karena jika sewaktu-waktu bencana kebakaran datang menimpa rumah Anda dan menghabiskan seluruh bangunan serta asset di dalamnya sekaligus, pihak asuransi akan menanggung kerugian tersebut.

Jenis-Jenis Asuransi Rumah

  • Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Jenis polis ini dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai bentuk layanan asuransi kebakaran. Asuransi ini memberikan perlindungan pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan secara langsung disebabkan oleh kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat (aircraft), petir, dan asap (smoke). Risiko lain yang tidak dijamin dalam asuransi ini adalah kerusakan akibat banjir, tanah longsor, kebongkaran, dan business interruption.

  • Indusrial All Risk/Propertt All Risk

Asuransi ibi juga merupakan jenis asuransi kebakaran yang bersifat unnamed perils, yakni memberikan jaminan terhadap seluruh risiko yang terjadi pada harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan. Dikecualikan resiko-resiko yang tertera, yakni akibat nuklir, peperangan, kesengajaan, kehilangan pangsa, korosi, aus, polusi, radioaktif, keterlambatan, dan ketidakjujuran karyawan.

Cara Kerja Asuransi

Sebagai contoh, Anda memiliki rumah dengan luas bangunan 100 meter persegi dengan nilai yang dipertanggungkan Rp 400,000,000.-. Ini berarti, saat ini dibutuhkan dana sebesar Rp 4 juta untuk membangun setiap meter persegi. Selain bangunan fisik rumah, Anda juga bisa mengasuransikan asset. Misalnya asset yang dimiliki adalah sebesar Rp 100,000,000.-, maka total nilai pertanggungannya adalah Rp 500,000,000.-. dari nilai pertanggungkan ini Anda bisa mengalikan nilai tersebut dengan satuan permil, sehingga akhirnya Anda menemukan nilai premi tahunan yang wajib dibayarkan, yakni Rp 750,000.-. Jumlah ini tentu sangat jauh dari nilai pertanggungan yang akan didapatkan.

Tips Memilih Asuransi

Sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan layanan asuransi. Namun tidak semuanya dapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini tips dalam memilih asuransi yang bisa menjadi pertimbangan.

  • Pilih perusahaan asuransi terbaik.
  • Gunakan polis yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan mempelajari semua ketentuan dengan cermat agar tahu cara mengklaim dan ketentuan lainnya.
  • Pilih cakupan yang memadai. Cakupan ini termasuk pertanggungan yang akan diperoleh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *