Menyajikan Bakso Ayam Kenyal dan Unik

 

Terkadang ketika sedang tidak semangat, kita membutuhkan makanan yang berkuah. Bakso ayam bisa menjadi pilihan agar kembali bersemangat sehabis memakannya. Apalagi bagi penyuka pedas, bakso ayam dengan sambal yang pedas bisa menjadi kombinasi yang luar biasa.

Namun, beberapa dari kalian pasti pernah membeli bakso yang rasanya tidak sesuai dengan harapan. Bukannya tambah bersemangat malah semakin kecewa karena tidak bisa menemukan kenikmatan yang bisa dihadirkan dari bakso ayam.

Untuk itu, ada baiknya bakso ayam ini dibikin sendiri. Dengan demikian, tidak usah repot mencarinya di luar dan tidak terlalu kecewa bila rasa yang diharapkan tidak sesuai, karena itu adalah hasil tangan sendiri.

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah, berikut adalah bahan dan resep bakso ayam yang harus disiapkan untuk paling tidak 3 porsi bakso ayam kenyal.

  1. Ayam, kalau memungkinkan belilah bagian dada ¼ kg
  2. Tepung tapioka 7 sdm
  3. Tepung terigu 2 sdm
  4. Lada bubuk 1 sdt
  5. Bawang putih 7 siung
  6. Garam
  7. Micin
  8. Bawang merah 5 siung
  9. Daun bawang dan seledri
  10. Bawang goreng
  11. Sisa tulang dari ayam agar kuah yang ada lebih memiliki rasa nantinya.

Sesudah bahan-bahan yang diperlukan sudah lengkap, maka proses pembuatan bakso bisa dilakukan.

Pembuatan bakso ini juga bisa dibilang mudah, satu-satunya hal tersulit dalam membuat bakso tentu saja saat membentuk adonan. Dengan minim keahlian, bukan tidak mungkin bakso tersebut berbentuk tidak sempurna. Namun jangan khawatir, karena bentuk yang sempurna akan didapat seiring dengan pengalaman membuatnya.

Selebihnya bisa memasak bakso sesuai dengan prosedur, mulai dari rebus air, masukan tulang ayam sisa, seledri, bawang, garam, dan mecin secukupnya. Setelah itu, tunggu sampai bakso matang. Jangan lupa dicek kembali, bakso harus matang sampai dalamnya. Hal ini bisa terjadi dengan mengecilkan api untuk memasaknya.

Adapun kreativitas dalam menyajikan bakso ayam sudah banyak sekali macamnya. Tujuannya sudah pasti memberikan rasa yang kaya dan lezat. Berikut adalah beberapa macam bakso yang unik untuk disajikan.

  1. Bakso Ayam Comberan

Mendengar namanya mungkin yang terbayang langsung adalah bakso yang kotor seperti comberan. Ini tidak salah, hanya saja penampilan yang sedikit mirip dengan comberan. Bakso ini memakai konsep kuah rawon. Kuah rawon yang hitam ini kemudian menjadi inspirasi penamaan nakso comberan ini.

Namun jangan khawatir, rasa dari bakso ayam ini sangatlah lezat. Apalagi bakso yang disajikan adalah bakso bakar, sangat unik sekali memang bakso yang satu ini. Namun, untuk mendapatkannya hanya ada di beberapa tempat saja, salah satunya di Depok, dekat dengan Universitas Indonesia.

  1. Mi Ayam Bakso

Kalau untuk yang satu ini nampaknya sudah bisa banyak dijumpai di beberapa tempat makan. Namun, mi ayam bakso menjadi unik karena semua bahan utamanya adalah ayam. Bakso yang terbuat dari ayam sampai mi tersebut di atasnya juga penuh akan ayam yang telah diiris-iris.

Yang membuat mi ayam bakso ini tetap laku adalah porsi yang cukup banyak dan harga yang cukup murah. Untuk itu, biasanya makanan ini cocok juga untuk mahasiswa yang telah mengahadapi akhir bulan.

  1. Bakso Ayam Sehat

Terakhir adalah bakso ayam sehat. Dikatakan sehat karena semua bahan dibuat secara alami. Kuahnya pun adalah kuah bening tanpa ada perasa buatan. Menariknya, bakso ini memiliki isi di dalamnya, seperti telur atau sayuran sehingga ukurannya pun cukup besar dibandingkan dengan bakso lainnya.

Bakso jenis ini juga sudah banyak di setiap daerah, biasanya mereka menamakan diri mereka dengan nama bakso sehat.

Itulah beberapa macam bakso unik yang bisa kalian nikmati. Akan semakin lebih enak ketika makan bakso ayam ditemani dengan orang tercinta.

 

Sumber gambar: proxy.duckduckgo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *