Mitos atau Fakta? Berikut Hal-Hal yang Disebut dapat Mengatasi Mual Saat Hamil

Perubahan kondisi hormon yang terjadi pada saat hamil muda, seringkali membuat para ibu merasakan rasa mual yang luar biasa. Munculnya rasa mual saat hamil yang dirasa berlebihan tersebut secara otomatis membuat para Ibu dan orang-orang di sekitarnya sibuk mencari penawarnya.

Berikut adalah beberapa hal yang sering dianggap sebagai obat penawar untuk rasa mual yang dirasakan ibu hamil:

 

Mangga Muda

( Foto : Tips Sehat Online )

Pada saat kehamilan trimester pertama, produksi hormon yang meningkat menimbulkan rasa mual yang sangat signifikan. Menghadapi hal tersebut, kudapan yang asam dan segar sering dirasa sebagai makanan yang pas untuk mengatasi mual saat hamil. Mangga muda adalah satu kudapan yang sangat identik dengan Ibu hamil. Dikarenakan sudah sangat identiknya dengan ibu hamil, banyak di antaranya yang tersugesti sehingga segera mencari manga muda seketika mengetahui seseorang tengah hamil.

Kenyataannya mangga muda memang cukup berguna untuk para ibu hamil yang sedang merasakan mual berlebihan. Rasa asam yang ada di dalamnya mampu menetralisir asam lambung dan membuat ibu hamil kembali segar untuk seketika.

 

Jeruk Lemon

 

( Foto : Blogspot )

Satu buah berasa asam yang mampu menghilangkan rasa mual pada trimester pertama kehamilan adalah jeruk lemon. Dengan menjilat potongan lemon, mencium, dan meminum air perasannya akan cukup membantu untuk menghilangkan rasa mual. Ditambah dengan manfaat menenangkan yang dihadirkan dari kandungan kalium dan vitamin C yang ada di dalamnya. Kedua zat ini mampu memperkuat jantung, memicu dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh serta merelaksasinya.

 

Selain baik untuk mengurangi rasa mual saat hamil muda, jeruk lemon juga memiliki beberapa manfaat lain untuk ibu hamil, di antaranya dapat mengurangi pembengkakan pada kaki, mencegah gangguan pencernaan, mengatur tekanan darah dan mencegah perut kembung.

 

Jahe

 

( Foto : Apotek Maxs )

 

Anda pasti sering menemukan sajian potongan-potongan tipis jahe di meja restoran-restoran sushi. Fungsinya adalah untuk menetralisir lidah agar tidak ada persaingan rasa pada saat beralih dari satu jenis makanan ke makanan lain. Untuk para ibu yang tengah merasakan mual saat hamil muda, jahe juga bisa digunakan untuk menyegarkan diri dari rasa mual. Namun berbeda dengan jahe muda yang disuguhkan di restoran sushi, para ibu hamil dapat mengolah jahe dengan teh, sehingga menjadi satu minuman yang berkhasiat. Cara membuatnya cukup mudah, rebus air, gula palm, dan parutan jahe. Setelah mendidih angkat, lalu masukan teh celup beberapa saat sampai cukup kecoklatan. Tambahkan satu sendok madu, aduk dan siap untuk disantap.

 

Rasa pedas dan hangat yang dihasilkan dari kandungan di dalam jahe dapat membantu mengatasi mual saat hamil. Senyawa keton yang menghasilkan rasa pedas dan hangat ini disebut dengan zingeron. Selain itu jahe juga memiliki manfaat lain untuk ibu hamil, di antaranya dapat meningkatkan sel darah merah, menurunkan tekanan darah, melancarkan system pencernaan, meredakan maag, menghilangkan pusing, menghilangkan stres, meningkatkan system imun tubuh, menghindari cacar lahir, meningkatkan nafsu makan, dan melindungi dari radikal bebas.

 

Itulah tiga makanan yang dipercaya mampu mengurangi rasa mual kehamilan. Walaupun terasa sangat menantang, namun rasa mual biasanya hanya muncul pada fase trimester pertama kehamilan saja.

Melewati usia kehamilan 3 bulan, rasa mual biasanya menjadi jarang atau bahkan sama sekali tidak dirasakan lagi. Tapi satu yang pasti semua proses itu pastinya sangat seru dan merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi semua ibu.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *