Mudah untuk Pemula, Begini Cara Membuat Film Pendek di Laptop

Film adalah salah satu hiburan untuk semua orang. Banyak orang yang menghabiskan waktu akhir pekan untuk menonton film yang diincarnya di bioskop. Berbagai cerita kita dapati dengan menonton film. Dari cerita cinta, keluarga, aksi, petualangan, dan masih banyak lagi. tidak hanya di bioskop, menonton film kini dapat kita nikmati di mana saja dan dengan berbagai perangkat seperti hand phone, laptop, komputer, dan televisi. Begini cara download film di laptop.

Sampai saat ini, film menjadi karya seni yang tidak pernah mati hadir di berbagai negara di dunia. Film Indonesia juga tidak kalah maju dengan film-film Hollywood. Banyak anak bangsa yang membanggakan dengan membuat film sebagai karya negeri sendiri. Perkembangan industri perfilman membuat banyak orang minat dengan bidang sinematografi ini. Banyak anak muda yang mulai belajar membuat film sendiri.

Film yang sering kali menjadi langkah pertama anak muda di bidang sinematografi adalah dengan membuat film pendek. Film pendek adalah jenis film yang dibedakan berdasarkan durasi waktunya yang lebih pendek dari film biasanya. Rata-rata film berdurasi dua sampai dengan tiga jam, sedangkan film pendek berdurasi enam menit sampai dengan tiga puluh menit. Bahkan bisa juga berdurasi 60 detik saja.

Anda bisa melihat beberapa film pendek unggulan karya anak bangsa di beberapa media seperti Youtube dan screening film bersama komunitas.

Begini cara download film Indonesia yang mudah.

Untuk pemula, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat film pendek. Cara membuat film pendek ternyata mudah dilakukan. Untuk mengedit pun bisa menggunakan laptop. Penasaran bagaimana cara membuat film pendek di laptop? Software apa saja yang Anda bisa gunakan?

Simak informasi berikut ini.

  1. Story Board, Naskah, dan Hasil Pengambilan Gambar

Sebelum mengedit film pendek dengan menggunakan laptop, pastikan hal yang harus kamu persiapkan sebelum produksi telah siap. Beberapa hal yang perlu kamu siaplan adalah story board, naskah, dan hasil gambar.

Story board merupakan sekumpulan rencana pengambilan gambar yang telah tersusun dengan baik. Story board dapat membantu dan memandu dalam pengeditan film pendek. Naskah adalah panduan jalan cerita untuk film. Pengambilan gambar serta pengeditan bergantung pada naskah yang menceritakan isi film tersebut. Selanjutnya, Anda harus menyiapkan hasil gambar yang telah anda ambil. Hasil gambar ini nantinya yang akan melalui proses pengeditan.

  1. Siapkan Memori Eksternal

Meskipun hanya mengedit film pendek, Anda tetap perlu menyiapkan memori ekstrnal untuk mencukupi penyimpanan file film pendek yang kalian buat. Agar tidak memberatkan kinerja laptop, hasil gambar sebaiknya di simpan dengan menggunakan memori eksternal. Anda bisa menggunakan hardisk untuk membantu dalam mengedit film pendek di laptop. Kendala utama yang biasanya ditemui dalam mengedit di laptop. Tidak semua laptop memiliki spesifikasi yang cukup untuk mengedit film pendek. Selain karena file hasil gambar video yang dapat memenuhi memori laptop, kinerja laptop juga sudah cukup berat dengan adanya aplikasi pengedit film.

  1. Software Pengedit Film di Laptop

Selanjutnya, hal terpenting untuk membuat film adalah software yang dapat mengedit film pendek yang kita inginkan. Untuk menyatukan file-file video yang telah anda ambil sebelumnya, proses pengeditan film ini sangatlah berguna.

Ada beberapa rekomendasi software yang dapat anda gunakan untuk mengedit film pendek di laptop, seperti Final Cut Pro dari Apple, Sony Vegas Pro,  Windows Movie Maker, dan Adobe Premier Pro.

 

Nah, itu adalah cara membuat film pendek dengan menggunakan laptop. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *